Breaking News:

RSU Kabanjahe Sarankan Pelaku Perjalanan Melakukan Tes PCR Sehari Sebelum Berangkat

Berdasarkan keterangan dari Direktur RSU Kabanjahe dr Arjuna Wijaya, perihal jadwal pelayanan tes PCR pihaknya membuka pelayanan bagi masyarakat/

Penulis: Muhammad Nasrul | Editor: Ayu Prasandi
TRIBUN MEDAN/Muhammad Nasrul
Direktur RSU Kabanjahe dr Arjuna Wijaya, saat ditemui di RSU Kabanjahe, Jalan Selamat Ketaren, Kabanjahe, Jumat (20/8/2021) kemarin. 

TRIBUN-MEDAN.com, KARO - Saat ini, pemerintah telah membuat aturan bagi pelaku perjalanan terlebih yang menggunakan pesawat, harus memiliki surat keterangan bebas Covid-19 yang ditandai hasil tes PCR.

Untuk di Kabupaten Karo sendiri, fasilitas kesehatan yang membuka pelayanan PCR ialah Rumah Sakit Umum (RSU) Kabanjahe.

Berdasarkan keterangan dari Direktur RSU Kabanjahe dr Arjuna Wijaya, perihal jadwal pelayanan tes PCR pihaknya membuka pelayanan bagi masyarakat setiap hari.

Baca juga: LINK Nonton Live Streaming Southampton Vs Man United Jam 20.00 WIB, Rekor Jelek Hantui The Saints

Dirinya mengatakan, untuk jadwal pendaftaran sendiri dibuka mulai pukul 10.00 WIB, hingga akhirnya hasil bisa didapatkan pukul 16.00 WIB hingga 17.00 WIB.

"Untuk pelayanan setiap hari, dan hasilnya bisa keluar dalam 1x24 jam," ujar Arjuna, Minggu (22/8/2021).

Meskipun pelayanan dibuka setiap hari dan hasil bisa cepat didapat, namun pihaknya memberikan saran bagi pelaku perjalanan diminta agar melakukan pemeriksaan minimal satu hari sebelum jadwal keberangkatan.

Pasalnya, meskipun hasil dapat diketahui dalam waktu singkat namun pihaknya menghindari hal yang tidak diinginkan.

Seperti antrean pengetesan sampel yang menumpuk, hingga kesalahan teknis yang akan dapat menunda jadwal mendapatkan hasil pengetesan.

"Demi keamanan, anjuran kita bagi pelaku perjalanan alangkah lebih bagus hari ini melakukan tes untuk keberangkatan besok. Karena kita menghindari adanya eror," ungkapnya. 

Dirinya mengungkapkan, hampir setiap harinya pihaknya dapat menerima pengecekan sampel PCR dari pelaku perjalanan mulai 25 hingga 30 orang per harinya. Kemudian, untuk pasien yang sedang menjalani isolasi bisa mencapai 40 orang setiap harinya.

Baca juga: Pemandian Air Panas dan Gua-gua di Desa Penen, Cocok Jadi Lokasi Wisata Bersama Keluarga

"Dengan tracing bisa sampai 70, dengan keterbatasan petugas dan alat maka kita lakukan seleksi. Untuk tracing mana yang didahulukan, dan begitu juga bagi pelaku perjalanan," ucapnya.

Sementara, perihal masa berlaku hasil PCR ini sendiri dirinya mengatakan berdasarkan putusan dari Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid-19 dan Kementerian Perhubungan, surat tersebut bisa digunakan dua kali 24 jam. Untuk itu, jika pengetesan dilakukan pada hari Senin, maka hasil masih bisa digunakan hingga hari Rabu.

(cr4/tribun-medan.com) 

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved