Breaking News:

Viral Medsos

Beredar di Media Sosial Peralatan Militer AS yang Tertinggal di Afghanistan Malah Diangkut ke Iran

Taliban menguasai harta karun rampasan perang berupa peralatan militer yang telah diberikan kepada pemerintah Afghanistan oleh AS.

Editor: Abdi Tumanggor
Twitter /Perisanintel
Peralatan militer AS yang tertinggal di Afganistan tampak diangkut ke Iran. Foto ini beredar luas di media sosial. 

Ada kekhawatiran di Washington bahwa senjata yang disita Taliban dapat diserahkan kepada musuh-musuh AS atau digunakan untuk menyerang kepentingan AS di kawasan itu.

TRIBUN-MEDAN.COM - Seperti yang sudah dijanjikan Presiden Joe Biden, Amerika resmi mengakhiri pendudukan 20 tahun Afghanistan, 31 Agustus 2021.

Keberangkatan pesawat kargo menandai berakhirnya evakuasi udara besar-besaran di mana puluhan ribu orang kabur dari Afghanistan, takut akan kembalinya kekuasaan Taliban.

"Lima pesawat terakhir telah pergi, sudah berakhir!" kata Hemad Sherzad, seorang pasukan Taliban yang ditempatkan di Bandara Internasional Kabul.

“Saya tidak bisa mengungkapkan kebahagiaan saya dengan kata-kata. ... Pengorbanan kami selama 20 tahun berhasil.”

Di Washington, Jenderal Frank McKenzie, Kepala Komando Pusat AS, mengumumkan penyelesaian perang terpanjang Amerika dan upaya evakuasi, dengan mengatakan pesawat terakhir lepas landas dari bandara Kabul pada pukul 15.29. EDT — satu menit sebelum Senin tengah malam waktu Kabul.

Jenderal Frank McKenzie mengakui masih ada warga Amerika, kemungkinan berjumlah "ratusan sangat rendah," tertinggal di Afghanistan, dan dia yakin mereka masih bisa meninggalkan negara itu.

Menteri Luar Negeri Amerika Anthony Blinken mengatakan bahwa 123.000 orang telah dievakuasi sejak Taliban mengambil alih Afghanistan pada 14 Agustus.

Yang dievakuasi termasuk 6.000 warga negara Amerika.

Blinken mengakui antara 100 dan 200 warga Amerika masih berada di Afghanistan dan AS akan menagih janji Taliban untuk membiarkan orang-orang dengan bebas meninggalkan negara itu.

Tentara Amerika Terakhir Angkat Kaki

Mayor Jenderal Chris Donahue menjadi tentara Amerika yang terakhir meninggalkan Afghanistan
Mayor Jenderal Chris Donahue menjadi tentara Amerika yang terakhir meninggalkan Afghanistan (twitter)
Halaman
1234
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved