Breaking News:

Rantai Sepeda Motor Matic Bisa Putus Juga loh, Yuk Kenali Tandanya

Rantai pada sepeda motor matic terbuat dari karet yang didalamnya terdapat sebuah kawat. Dimana sisi bagian luar terlihat datar.

TRIBUN MEDAN/ALVI
Sepeda motor matic yang sedang di ganti di salah satu bengkel di Kota Medan, Selasa (21/9/2021) 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN- Siapa bilang sepeda motor matic tidak memiliki rantai. Sepeda motor matic ternyata memiliki rantai yang terletak di bagian sisi bodi mesin sebelah kanan, Selasa (21/9/2021).

Namun, rantai dari sepeda motor matic tidak seperti sepeda motor pada umumnya yang terbuat dari besi dan berantai.

Rantai pada sepeda motor matic terbuat dari karet yang didalamnya terdapat sebuah kawat. Dimana sisi bagian luar terlihat datar, sedangkan dibagian dalam bergerigi.

Baca juga: Persiapan Rezcan Mass Siregar, Atlet Lari Sumut Jelang PON Sumut-Aceh, Pertajam Program Latihan

Ternyata, rantai yang berada didalam sebuah katup ternyata bisa putus juga loh. Yuk kenali tanda-tanda rantai sepeda motor matic yanh sudah tidak sehat.

1. Tarikan terasa mudah, namun lambat maju.

Tanda satu ini merupakan tanda paling awal yang menandai rantai sepeda motor matic yang bernama Puli mulai tidak sehat.

Pada saat di starter, tarikan akan terasa mudah, namun sepeda motor tak kunjung jalan. Biasanya kita agak menaikkan gas lebih tinggi agar sepeda motor dapat baru dapat berjalan.

2. Bergetar pada bagian mesin sebelah kiri.

Pada bagian ini, kita akan merasakan getaran seperti ringan pada bagian motor sebelah kiri. Getaran ini sering tidak terasa seiring perjalanan yang memiliki goncangan.

3. Getaran kuat pada bagian mesin sebelah kiri.

Nah di bagian ini, kita baru merasakan getaran kuat dan mengira mesin sepeda motor kita seakan mau lepas. Akan tetapi, sepeda motor akan tetap berjalan seperti biasanya.

Baca juga: Food Non Halal: Menikmati BPK Haleluya, Rasanya Lezat dan Pas di Kantong

4. Terdengar suara kasar hingga bunyi gesekan.

Selanjutnya, pada bagian ini kita akan merasakan suara yang cukup keras pada bagian mesin sebelah kiri. Itu dikarenakan rantai kendaraan mulai bermasalah dan harus segera di bawa ke bengkel. Apabila kita terus memaksakan kendaraan, maka siap - siap rantai kamu akan putus. Apabila sudah putus, maka sepeda motor kamu tidak dapat berjalan tetapi mesin masih tetap hidup.

Pergantian rantai sepeda motor ini dapat dilakukan di bengkel tempat langganan kamu. Adapun harga dari Puli atau rantai sepeda motor matic seperti jenis Honda Beat, dipatok seharga Rp 110 ribu.

(Cr7/Tribun-Medan.com).

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved