Breaking News:

Tuak, Minuman Khas Suku Batak yang Dipercaya Miliki Banyak Khasiat

Dokter Gizi dr Fahri Maulana, M.Giz imengatakan, minuman yang berasal dari bahan alami pasti ada manfaat yang bagus untuk tubuh

Penulis: M.Ridho Raudhatama | Editor: Ayu Prasandi
Kompas.com
Ilustrasi tuak 

TRIBUN-MEDAN.COM,MEDAN – Berbicara tentang Sumatera Utara tak luut dari minuman khas suku batak satu ini, bernama Tuak. Minuman tuak tidak hanya digemari oleh orang tua, tetapi banyak kaula muda yang gemar mengkonsumsi minuman satu ini.

Tuak adalah sejenis minuman yang mengandung alkohol hasil dari proses fermentasi nira atau buah yang mengandung gula di dalam nya.

Di Kota Medan banyak Lapo Tuak yang menyuguhkan minuman khas satu ini. Kadar alkohol dalam tuak berbeda-beda tergantung daerah pembuatannya. Dalam pesta perayaan adat Batak, tuak sering disajikan untuk menjamu tamu.

Baca juga: Liga 2 Dimulai Hari Ini Persis Solo Vs PSG Pati, PSMS Medan Kapan Main? Manajer Kecewa

Di balik semua keunikan dari minuan ini, ternyata tua juga memiliki beragam manfaat untuk tubuh, tetapi dengan catatan dikonsumsi dengan kadar yang tidak berlebihan.

Dokter Gizi dr Fahri Maulana, M.Giz imengatakan, minuman yang berasal dari bahan alami pasti ada manfaat yang bagus untuk tubuh, tuak sebenarnya mempunyai banyak manfaat, bisa sebagai penghangat tubuh, dan mengandung nutrisi yang bagus seperti mengatasi sembelit bisa juga mengurangi stress.

Ia menambahkan kandungan yang terdapat dari ramuan yang meliputi berbagai Vitamin, Protein, Mineral, Karbohidrat, Fosfor, Kalsium, Saponin, Sukrosa dan masih banyak lagi kandungan lainnya. Kandungan tersebut memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi tubuh.

Baca juga: CERITA MISTIS GIBRAN, Hilang 5 Hari di Gunung Guntur, Ketemu Pria dan Wanita Berpakaian Serba Putih

Berikut Manfaat Minuman Tua Bagi Kesehatan

1. Mengatasi Sembelit

Jika dikonsumsi dengan kadar yang wajar maksimal satu gelas per hari minuman ini bisa engatasi penyakit sembelit,

Sembelit disebabkan karena kurangnya serat dalam tubuh, dan tuak bisa memberikan serat tersebut untuk tubuh.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved