Breaking News:

Tata Cara Doa Rosario dan Berkaitan Peristiwa Penting Bulan Oktober Tahun 1571

Peristiwa ini terjadi 3 abad sebelumnya, yaitu ketika terjadi pertempuran di Lepanto pada tahun 1571.

Pixabay/aschenputtel
Bulan Oktober peringatan sebagai Bulan Rosario. 

TRIBUN-MEDAN.com - Tiap Bulan Oktober seluruh umat Katolik dunia memperingati Bulan Rosario. Paroki-paroki menggelar ibadah dan mengajak seluruh umat untuk mendaraskan doa kepada Bunda Maria melalui rangkaian doa.

Perlu diketahui, Bulan Rosario bagian dari penghormatan kepada Bunda Perawan Maria. Meskipun, pada bulan Mei diperingati dengan Bulan Maria, tetapi Oktober juga mendaraskan doa rosario kepada Bunda Maria.

Tribun Medan merangkum peristiwa ini dari berbagai sumber:

Sejarah Bulan Rosario
Peristiwa ini terjadi 3 abad sebelumnya, yaitu ketika terjadi pertempuran Lepanto pada tahun 1571, di mana negara- negara Eropa diserang oleh kerajaan Ottoman yang menyerang agama Kristen.

Baca juga: TIPS AND TRIK Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat Untuk Pria

Baca juga: Gadis Kecilnya Idap Leukimia, Menyentuh Hati Alasan Denada Tolak Halus Tawaran Baim Wong 100 Juta

Terdapat ancaman genting saat itu, bahwa agama Kristen akan terancam punah di Eropa.

Jumlah pasukan Turki telah melampaui pasukan Kristen di Spanyol, Genoa, dan Venesia. Menghadapi ancaman ini, Don Juan (John) dari Austria, komandan armada Katolik, berdoa rosario memohon pertolongan Bunda Maria.

Demikian juga, umat Kristen di seluruh Eropa berdoa rosario untuk memohon bantuan Bunda Maria di dalam keadaan yang mendesak ini.

Pada tanggal 7 Oktober 1571, Paus Pius V bersama- sama dengan banyak umat beriman berdoa rosario di basilika Santa Maria Maggiore.

Sejak subuh sampai petang, doa rosario tidak berhenti didaraskan di Roma untuk mendoakan pertempuran di Lepanto. Walaupun nampaknya mustahil, namun pada akhirnya pasukan Kristen menang pada tanggal 7 Oktober.

Kemudian, Paus Pius V menetapkan peringatan Rosario dalam Misa di Vatikan setiap tanggal 7 Oktober. Kemudian penerusnya, Paus Gregorius XIII, menetapkan tanggal 7 Oktober itu sebagai Hari Raya Rosario Suci.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved