Breaking News:

Materi Belajar Sekolah

Materi Belajar Sejarah SMP: 5 Kerajaan Islam Tertua di Indonesia

Kehadiran ini telah membawa banyak perubahan dan perkembangan bukan saja pada masyarakat, tetapi juga budaya dan pemerintahan.

Ist
Kerajaan Perlak sebagai kerjaan Islam tertua di Indonesia 

TRIBUN-MEDAN.com - Dalam materi belajar SMP soal sejarah ada pelajaran untuk mengenal kerajaan Islam tertua di Indonesia.

Kerajaan Islam cukup banyak di Indonesia.

Kerajaan-kerajaan ini memiliki pengaruh kuat untuk melawan penjajah dalam semangat persatuan.

Perkembangan kerajaan Islam tidak terlepas dari sejarah masuknya agama Islam ke Nusantara.

Masuknya agama islam ke nusantara (indonesia) yakni pada akhir abad ke-6, yang dibawa oleh Syekh Abdul Kadir Jailani.

Kehadiran ini telah membawa banyak perubahan dan perkembangan bukan saja pada masyarakat, tetapi juga budaya dan pemerintahan.

Perubahan dan perkembangan ini salah satunya terlihat jelas dari banyak bermunculannya kerajaan-kerajaan yang bercorak islam.

Kerajaan-kerajaan ini terus berkembang dan memperlihatkan pengaruhnya terhadap proses penyebaran agama Islam di Indonesia, dengan masa kejayaan diperkirakan berlangsung antara abad ke-13 sampai abad ke-18.

Maraknya lalu lintas perdagangan laut dengan pedagang-pedagang Islam dari Arab, India, Persia, Tiongkok, dan lain-lain menjadi pendorong utama lahirnya kerajaan-kerajaan ini.

Dalam pembagiannya, kerajaan Islam di Indonesia dibagi berdasarkan wilayah pusat pemerintahannya, yakni yang berpusat di Sumatra, Jawa, Maluku, dan Sulawesi.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved