Breaking News:

Materi Belajar Sekolah

Materi Belajar Matematika Kelas 7: Mengenal Bentuk Aljabar, Beserta Operasinya

Aljabar disebut prosedur operasi pengaturan patah atau dislokasi tulang. Makna matematisnya sendiri pertama kali tercatat pada abad ke-16.

HO / Tribun Medan
Mengenal Bentuk Aljabar 

TRIBUN-MEDAN.com - Materi belajar matematika Kelas 7 SMP tentang mengenal bentuk aljabar, beserta operasinya.

Aljabar, yang kita pelajari dalam bab bertajuk bentuk aljabar, adalah cabang ilmu matematika dimana dalam penyelesaian masalah, angka akan digantikan dengan sebuah huruf.

Kata Aljabar sendiri diambil dari bahasa Arab “al-jabr” yang berarti “pengumpulan bagian yang rusak”. Istilah ini diambil dari judul buku Ilm al-jabr wa’l-muḳābala karya matematikawan dan astronom Persia, Al-Khwarizmi.

Awalnya, Aljabar disebut prosedur operasi pengaturan patah atau dislokasi tulang. Makna matematisnya sendiri pertama kali tercatat pada abad ke-16.

Aljabar dibentuk oleh kombinasi huruf dan angka. Bentuk-bentuk yang dipisahkan dengan tanda penjumlahan disebut suku; huruf pada bentuk aljabar disebut variabel; angka yang menempel dengan variabel disebut koefisien; sedangkan angka yang tidak memiliki variabel disebut konstanta.

Suku yang memiliki variabel yang sama dengan pangkat yang sama disebut suku-suku sejenis.

2y+3−4x+y, misalnya. Ini merupakan bentuk aljabar, dengan koefisien 2, -4, dan 1. Variabelnya adalah x dan y. Konstanta 3, sedangkan suku sejenis pada bentuk di atas adalah 2y dan y.

Contoh : Seekor burung terbang sejauh 500 meter dalam satu menit. Bisakah kamu menuliskan jarak yang ditempuh oleh burung jika dibandingkan dengan waktu terbangnya dalam hitungan menit?

Total waktu dalam menit adalah t

Maka, jarak total (s) = Kecepatan (v) x waktu (t)
s = 500 x t = 500t meter

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved