Breaking News:

Materi Belajar Sekolah

Materi Belajar Biologi SMP: Siklus Menstruasi dan Ovulasi

Menstruasi biasanya mulai dialami wanita ketika menginjak remaja. Tak cuma manusia, hewan betina dari siklus mamalia juga mengalami menstruasi.

Shutterstock
Ilustrasi menstruasi 

TRIBUN-MEDAN.com -Materi belajar biologi SMP tantang siklus menstruasi dan ovulasi.

Menstruasi biasanya mulai dialami wanita ketika menginjak remaja. Tak cuma manusia, hewan betina dari siklus mamalia juga mengalami menstruasi.

Dikutip dari Encyclopaedia Britannica (2015), menstruasi adalah keluarnya darah dari vagina. Darah keluar bersamaan dengan lapisan dinding rahim yang luruh.

Dinding rahim luruh karena tidak dibuahi. Ini mengapa wanita hamil tidak menstruasi.

Namun menstruasi tak cuma seputar pendarahan. Lebih dari itu, menstruasi bagian dari siklus bulanan wanita. Proses kesuburan ini disebut siklus menstruasi.

Siklus normal menstruasi biasanya 28 hari. Namun tak ada wanita yang selalu pas 28 hari. Ada yang 21 hari dan ada yang 40 hari. Rentang itu masih termasuk normal.

Berikut fase-fase dalam siklus menstruasi:

1. Fase proliferasi

Siklus menstruasi sangat dipengaruhi oleh kerja hormon-hormon kewanitaan. Hormon bekerja seperti pembawa pesan.

Otak akan menghasilkan hormon, kemudian dibawa lewat aliran darah. Hormon ini merangsang folikel, tempat di ovarium (indung telur) yang menyimpan ovum (sel telur) dan sel pelindungnya.

Dalam tahap ini, folikel yang menerima pesan dari hormon, bersiap-siap melepaskan telur dan menghasilkan hormon estrogen yang hanya ada di wanita.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved