Breaking News:

Materi Belajar Sekolah

Materi Belajar Geografi: Batas Wilayah Negara Indonesia, Beserta Luas dan Letaknya

Wilayah perairan yang ada pada negara Indonesia, luasnya bisa mencapai ⅔ dari keseluruhan luas wilayah daratan yang ada.

Ist
Peta Geografis Indonesia 

TRIBUN-MEDAN.com - Materi belajar geografi ini membahas batas wilayah negara Indonesia beserta luas dan letaknya.

Para pelajar penting mengetahuhi batas-batas wilayah negara.

Materi ini menjadi hal penting dalam mata pelajaran Geografi. 

Adik-adik sebagai penerus bangsa perlu menghafal batas-batas wilayah.

Negara Indonesia yang dapat disebut juga sebagai negara maritim merupakan negara kepulauan terbesar yang ada di seluruh dunia. Indonesia sendiri memiliki setidaknya 17.508 pulau di dalamnya.

Secara geografis sendiri, batas wilayah negara Indonesia dapat dibagi menjadi empat bagian yaitu, wilayah Indonesia Timur, wilayah Indonesia Barat, wilayah Indonesia Utara, dan wilayah Indonesia Selatan.

Wilayah perairan yang ada pada negara Indonesia, luasnya bisa mencapai ⅔ dari keseluruhan luas wilayah daratan yang ada.

Oleh sebab itu, dengan adanya batasan wilayah, negara Indonesia dapat menjaga kekayaan laut yang ada serta memiliki peran penting dalam menjadi batasan bagi berbagai negara lainnya yang bersinggungan.

Pada umumnya, dalam mencari tahu batas wilayah negara Indonesia dapat dilakukan dengan melihat garis bujur dan garis lintangnya.

Jika dilihat secara astronomis, negara Indonesia berada pada 6 derajat lintang utara dan 11 derajat lintang selatan sampai berada di antara 92 derajat bujur timur sampai 141 derajat bujur timur (6LU – 11LS dan 95BT – 141BT).

Halaman
1234
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved