Breaking News:

Materi Belajar Sekolah

Materi Belajar Geografi SMA Kelas 12 : Komponen dan Analisis Sistem Informasi Geografis

Sistem Informasi Geografis adalah penggunaan sistem berisi informasi mengenai kondisi bumi dalam sudut pandang keruangan.

Ist
Pengertian dan Komponen Sistem Informasi Geografis 

TRIBUN-MEDAN.com - Materi belajar geografi SMA Kelas 12 ini tentang komponen sistem informasi geografis dan analisis sistem informasi geografis.

Sistem Informasi Geografis berasal dari gabungan 3 kata: Sistem, Informasi, dan Geografis (SIG).

Dari ketiganya, dapat dipahami bahwa Sistem Informasi Geografis adalah penggunaan sistem berisi informasi mengenai kondisi bumi dalam sudut pandang keruangan.

Pada kali ini akan membahas mengenai pelajaran geografi tentang system informasi geografis yang dibahas mulai dari pengertian yang lebih sederhana, komponen, pemanfaatan, dan proses dalam system informasi geografis.

Dalam buku ajar geografi (2009) oleh Eko Titis Prasongko dan Rudi Hendrawansyah, Sistem informasi geografis (SIG) merupakan system (unsur-unsur yang saling mendukung) informasi (fisik dan social), dan geografi (fenomena yang terjadi baik pada lapisan atmosfer, litosfer, hidrosfer, biosfer dan atmosfer).

Intinya adalah proses pengumpulan , pengolahan, dan penyajian data menjadi informasi yang akurat, mudah dipahami , dan bermanfaat bagi para pengguna informasi tersebut.

Komponen Sistem Informasi dan Geografis

Terdapat komponen-komponen yang saling berkaitan dan mendukung, yaitu :

1.      Perangkat keras (hardware), yaitu komponen yang berupa perlengkapan pendukung kerja, terdiri dari seperangkat komputer (CPU, monitor, printer, digitizer, scanner, plotter, CD room, floopy, flashdisk).

Perangkat keras lain yang digunakan adalah plastic transparan dan ballpoin warna transparan.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved