Breaking News:

Materi Belajar Sekolah

Materi Belajar Kelas 7: Dampak Adanya Rotasi dan Revolusi Bumi Pada Kehidupan Manusia

Rotasi merupakan berputarnya planet pada porosnya, sehingga rotasi bumi adalah berputarnya bumi pada poros bumi

HO / Tribun Medan
Rotasi dan Revolusi Bumi 

TRIBUN-MEDAN.com-Planet bumi yang saat ini kita tinggali mengalami dua pergerakan atau perputaran, yaitu rotasi bumi dan revolusi bumi.

Akibat adanya dua pergerakan bumi tersebut maka memberikan dampak yang besar terhadap kehidupan manusia maupun kondisi bumi secara keseluruhan.

Jika bumi berputar mengapa makhluk didalamnya tidak merasakan? Hal ini dikarenakan bumi berputar sangat cepat, sehingga makhluk yang mendiaminya tidak merasakan perputaran tersebut.

Meski begitu, tak dimungkiri bahwa ada dampak yang muncul sebagai akibat dari pergerakan atau perputaran rotasi maupun revolusi bumi ini, apa saja?

Rotasi Bumi

Rotasi merupakan berputarnya planet pada porosnya, sehingga rotasi bumi adalah berputarnya bumi pada poros bumi.

Rotasi bumi mengarah dari barat ke timur, dan memerlukan waktu 23 jam 56 menit atau dibulatkan 24 jam. Pergerakan ini dapat memberikan dampak terhadap kehidupan di bumi, diantaranya:

  • Gerak semu harian matahari

Didefinisikan ketika bumi berotasi dari barat ke timur maka pandangan manusia matahari terbit dari timur ke barat sehingga seolah-olah matahari mengelilingi bumi dari timur ke barat.

  • Perbedaan waktu di bumi

Bumi berotasi sebesar 3600 selama 24 jam atau 1.440 menit. Di Indonesia sendiri terbagi kedalam tiga perbedaan waktu yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT).

  • Terjadinya siang dan malam

Karena bumi berotasi selama 24 jam maka setiap wilayah mengalami dua fase yaitu saat menghadap dan membelakangi matahari.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved