Breaking News:

Dolok Sipatungan, Tempat Siraja Lontung Menatap Danau Toba

Satu hal yang tak boleh dilupakan, selain panoramanya yang insah tentu Dolok Sipatungan ini merupakan wilayah yang cukup sakral.

Penulis: Arjuna Bakkara | Editor: Ayu Prasandi
TRIBUN MEDAN/ARJUNA BAKKARA
Panorama utuh Pulau Samosir sam bentangan indah Danau Toba dari Dolok Sipatungan Kecamatan Sitio-tio Kabupaten Samosir.   

TRIBUN-MEDAN.COM, SAMOSIR-Kabupaten Samosir memiliki banyak tempat untuk dikunjungi bila berkeinginan menatap bentangan keindahan Danau Toba yang lebih luas.

Tempat yang masih jarang dikunjungi ini berada di Dolok Sipatungan, Kecamatan Sitio-tio Kabupaten Samosir.

Uniknya, dari Dolok Sipatungan dapat melihat 6 Kabupatem yang mengelilingi Danau Toba.

Baca juga: Ganjar Bangga Jateng Terbaik Dalam Keterbukaan Informasi

Dolok Sipatungan memiliki dataran tinggi sebagai lokasi memandang ekaotisnya Danau Toba. 6 Kabupaten yang terlihat dari sini, Kabupaten Humbahas, Dairi, Karo Simalungun, Taput dan Kabupaten Toba.

Satu hal yang tak boleh dilupakan, selain panoramanya yang insah tentu Dolok Sipatungan ini merupakan wilayah yang cukup sakral.

Bagi anda yang ingin berwisata ke sana agar menjaga perilaku san sikap yang tak melanggar tatanan kearifan lokal.

Menurut cerita warga, Dolok Sipatungan ini lokasi yang disukai Si Raja Lontung menatap Danau Toba dan memandang Pulau Samosir secara utuh.

Raja Lontung dan istrinya Oppung Boru Si Boru Pareme adalah nenek moyang dari 9 marga besar Suku Batak. 

Sering disebut Lontung Sisia Sada Ina. Artinya Lontung bersembilan yang punya ibu satu. Raja Lontung mempunyai 7 anak laki-laki dan 2 boru (anak perempuan).

Antara lain marga Situmorang, Sinaga, Pandiangan, Nainggolan, Simatupang, Aritonang, Siregar, dan dua boru (anak perempuan) yang menikah dengan marga Sihombing, dan Simamora (Anak Raja Sumba).

Dalam era ini, sembari tetap menjalankan dan menghayati kearifan lokal Pemerintah Desa bersama warga mulai menjadikannya sebagai destinasi wisata. Bail secara spiritual, maupun wisata biasa.

Baca juga: Pemandian Rudang Mayang, Lokasi Wisata di Langkat yang Tawarkan Keindahan Alam dan Kesejukan Air

Herico, pengunjung menilai lokasi ini berbeda dengan lokasi lain di Danau Toba. Selain karena memang keindahannya, mengunjungi lokasi ini dianggap penting dikunjungi karena merupakan perkampungan nenek moyang dari 9 marga besar Suku Batak. 

Pantas Marroha Anggota DPRD Samosir asal dapil daerah tersebut juga telah memikirkan cara membantu pengembangan wisata daerah itu.

Dolok Sipatungan akan dijadikan salah satu prioritas destinasi wisata dengan fokus peningkatan pembangunan infrastruktur jalan.

(Jun-tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved