Breaking News:

Kejati Sumut Berhasil 'Rampas' Rp 38,1 Miliar dari Para Tersangka Koruptor yang Menunggu Diadili

Kejati Sumut berhasil mengambil dan menyita uang kerugian negara dari para koruptor medio Januari hingga Oktober 2021

TRIBUN MEDAN/ALIF
GEDUNG Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut), Jalan Jenderal Besar A.H. Nasution, Medan Johor, Kota Medan. 

TRIBUN-MEDAN.COM,MEDAN- Tim jaksa bidang Tindak Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) berhasil 'merampas' uang kerugian negara dari para koruptor dengan total Rp 38,1 miliar. 

Uang kerugian negara ini disita sejak Januari 2021 sampai Oktober 2021.

Kasi Penkum Kejati Sumut, Yos Arnold Tarigan menjelaskan, bahwa uang tersbut berasal dari 15 perkara dalam tahap penyidikan dan sebagian telah dilimpahkan ke penuntutan pada Kejati Sumut.

Baca juga: Mantan Koruptor Proyek Alat Peraga Komplain Kejari Binjai SP-3 kan Tersangka Lain

"Sementara untuk keseluruhan pengembalian kerugian keuangan negara di wilayah hukum Kejati Sumut sudah termasuk dengan Kejari dan Cabjari mencapai Rp 38.140.028.777," katanya, Selasa (2/11/2021).

Ia mengatakan, uang negara yang berhasil diselamatkan tersebut antara lain dari dugaan korupsi perkara Pulo Temba Humbahas Rp 25.000.000.

Kemudian dari dugaan korupsi Bank Sumut KCP Galang berupa aset dengan nilai Rp 15.6 miliar (63 unit tanah beserta bangunan 10.729,12 meter persegi dan kebun kelapa sawit 39.631,18 meter persegi), kasus Bank BTN 11 unit rumah senilai Rp 13.2 miliar kasus Bank BRI Kabanjahe berupa 1 unit rumah dan bangunan senilai Rp 150 juta dan dugaan korupsi di PT Perkebunan Sumatera Utara berupa tanah seluas 642 Ha.

Baca juga: Kejaksaan Agung Akan Terapkan Hukuman Mati Koruptor? Kasus Jiwasraya dan Asabri Memprihatinkan

Yos menambahkan, bahwa ini adalah pencapaian kinerja penanganan perkara tindak pidana korupsi yang berhasil menyelamatkan kerugian keuangan negara mencapai Rp. 38 milyar.

"Upaya pengembalian ini diperoleh dari penanganan perkara mulai dari penyidikan dan sebahagian penuntutan di seluruh wilayah hukum Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara.(cr21/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved