Breaking News:

TRIBUNWIKI

Marsiadapari, Tradisi Tolong Menolong Suku Batak Dihadirkan Lewat Tetrikal Musik 

Sayangnya, kian tahun budaya "marsiadapari" diakibatkan berbagai faktor sosial kian memudar dari tengah-tengah masyarakat Batak.

Penulis: Arjuna Bakkara | Editor: Ayu Prasandi
TRIBUN MEDAN/ARJUNA
budaya tolong menolong "Marsiadapari" dipertunjukkan melalui karya seni teatrikal musik. 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN-Suara musik tradisional Batak jenis uning-uningan dan gondang sabangunan sayup-sayup terdengar dari kejauhan di Lembah Harian Boho, Tepi Danau Toba, Kabupaten Samosir,  Sabtu (14/11/2021).

Di bawah pimpinan Martahan Sitohang yang merupakan satu diantara seniman Batak ternama, budaya tolong menolong "Marsiadapari" dipertunjukkan melalui karya seni teatrikal musik di sana.

Martahan Sitohang menuturkan, dulunya Masyarakat Batak di pedesaan sangat kental dengan budaya "marsiadapari".

Sayangnya, kian tahun budaya "marsiadapari" diakibatkan berbagai faktor sosial kian memudar dari tengah-tengah masyarakat Batak.

"Kegiatan marsiadapari ini merupakan sistem gotong royong pada Masyarakat Batak,"ujar Martahan Sitohang Putra Bungsu dari Almahum Maestro Musik Batak, Guntur Sitohang ini.

Marsiadapari, secara praktiknya pada dulunya berjalan secara alami. Orang-orang desa untuk mengerjakan ladang dan bertani dengan mudah menyelesaikan pekerjaan dengan marsiadapari.

Baca juga: Artis Ini Disebut Mantan Bintang Film Panas, Terungkap Pernah Diancam Air Keras & Ditampar, Kenapa?

Namun, sayang belakangan hampir punah dan bahkan tidak dilakukan lagi karena alasan perkembangan jaman.

Padahal, menurut Martahan, perkembangan jaman bukan menjadi alasan untuk meninggalkan kebiasaan lama atau kebudayaan seperti marsiadapari.

Justru, pada budaya marsiadapari kata Martahan terdapat nilai dan satu ikatan bathin sepenangungan sependeritaan dalam kehidupan masyarakat Batak dulunya.

Meski memang, bagi Martahan orang-orang Batak tentu berinovasi, baik secara teknologi namun jangan sampai meninggalkan esensi marsiadapari.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved