Breaking News:

Tetap Waspada, Ini Daftar 104 Pinjol Legal dan 151 Pinjol Ilegal!

Pinjol ilegal selalu mengintai masyarakat untuk dijadikan korban di mana saja. Karena itu, masyarakat diminta untuk selalu waspada.

Editor: Liston Damanik
Istimewa
Ilustrasi 

TRIBUN-MEDAN.com, JAKARTA - Meski pemberantasan financial technology (fintech) atau pinjaman online (pinjol) ilegal masif digelar aparat, kemunculannya bisa terjadi kapan saja.

Pinjol ilegal selalu mengintai masyarakat untuk dijadikan korban di mana saja.

Karenanya, masyarakat diminta untuk selalu waspada agar tidak jadi korban pinjol ilegal.

Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat per 24 November 2021 ada 104 pinjol legal dan terdaftar.

Bila ada yang menawarkan pinjaman dari perusahaan yang tak ada dalam daftar tersebut, dapat dipastikan pinjol tersebut ilegal karena tidak memiliki izin dari OJK.

OJK secara rutin mengumumkan daftar perusahaan fintech lending atau pinjol berizin dan terdaftar setiap bulan. Selain itu, OJK juga sering publikasi nama-nama perusahaan pinjol ilegal yang berhasil ditindak.

Per 24 November 2021, OJK mencatat ada 104 pinjol legal yang berizin dan terdaftar. Jumlah perusahaan pinjol legal yang berizin dan terdaftar tersebut sama dengan data pada 25 Oktober 2021.

Namun OJK mencatat ada perubahan nama sistem elektronik dan laman website salah satu pinjol, yakni PT Aman Cermat Cepat. Sebelumnya, perusahaan pinjol ini menggunakan sebutan Klik ACC dengan alamat website https://www.klikacc.co.id.

Pinjol kini menjadi salah satu industri keuangan yang tumbuh pesat. Peluang bisnis ini juga menimbulkan celah bagi pihak tertentu untuk membuat bisnis pinjol ilegal.

Sebelumnya, Satgas Waspada Investasi terus memberantas pinjaman online (pinjol) ilegal dengan menutup 116 entitas pinjol ilegal yang ditemukan dalam patroli siber masih beroperasi di internet dan aplikasi di jaringan telekomunikasi seluler.

Halaman
1234
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved