Breaking News:

Materi Belajar Sekolah

Susunan Organisasi PPKI yang Memilih dan Mengangkat Soekarno-Hatta Sebagai Presiden & Wapres RI

PPKI terdiri dari 21 anggota yang berasal dari 12 Jawa, 3 Sumatera, 2 Sulawesi, 1 Kalimantan, 1 Nusa Tenggara, 1 Maluku, dan 1 dari golongan Tionghoa.

HO / Tribun Medan
Soekarno-Hatta 

TRIBUN-MEDAN.com - Susunan organisasi PPKI yang memilih dan mengangkat soekarno-hatta Sebagai presiden & wapres Republik Indonesia.

Jelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, terjadi sejumlah peristiwa penting yang mengubah jalan sejarah Indonesia.

Setelah Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang diketuai oleh Dr. Radjiman Widyodiningrat menyelesaikan tugasnya membahas hal-hal mengenai tata pemerintahan Indonesia, badan ini pun dibubarkan. 

Kemudian dibentuklah satu panitia baru yang lebih maju, untuk menyikapi dijatuhkannya bom atom di Nagasaki pada 6 Agustus.

Maka  pada 7 Agustus 1945 dibentuk badan baru untuk mengukuhkan persiapan kemerdekaan Indonesia yaitu Dotkuritsu Zunbi Inkai atau Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).

PPKI terdiri dari 21 anggota yang berasal dari 12 orang Jawa, 3 orang Sumatera, 2 orang Sulawesi, 1 orang Kalimantan, 1 orang Nusa Tenggara, 1 orang Maluku, dan 1 orang dari golongan Tionghoa.

Tanpa sepengetahuan Jepang PPKI menambah 6 orang anggota dari golongan pergerakan nasional.

Ketua PPKI

PPKI diketuai oleh Ir. Soekarno. Ia lahir di Surabaya pada tanggal 6 Juni 1901 dengan nama asli Koesno Sosrodihardjo.

Soekarno menjadi tokoh penting dalam masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, dimana ia menjadi tokoh pembaca teks proklamasi dan dipilih sebagai presiden Indonesia yang pertama.

Wakil Ketua PPKI
Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved