Breaking News:

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Penggerak Roda Belakang yang Kini Dipakai Avanza dan Xenia

Generasi terbaru Toyota Avanza dan Daihatsu All New Xenia telah resmi diluncurkan dan sudah dipesan oleh konsumen.

HO / Tribun Medan
Generasi baru Toyota Avanza dan Xenia 

TRIBUN-MEDAN.com - Generasi terbaru Toyota Avanza dan Daihatsu All New Xenia telah resmi diluncurkan dan sudah dipesan oleh konsumen.

Kedua produk mobil sejuta umat ini kini melakukan perubahan di penggerak roda, yang sebelumnya mengunakan penggerak roda belakang atau rear wheel drive (RWD) kini hadir dengan penggerak roda depan atau front wheel drive (FWD).

Kira-kira apa sih yang menjadi kelebihan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang sudah FWD?

Para konsumen Avanza dan Xenia yang memakai type RWD banyak menyampaikan bahwa mobilnya lebih berdaya saat menghadapi 

FWD tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, namun sejauh ini para pengguna Avanza dan Xenia memakai type RWD, membuat dia lebih berdaya dalam menghadapai jalan semi offroad dibandingkan type FWD.

Type FWD diklaim lebih cocok bagi penggunaan daerah perkotaan dimana tingkat efiseiensi lebih baik, cabin lebih lega. Suara berisik dari kopling berkurang, dan tentu saja dengan model lebih styles elegan dan sporty.

Kekurangan Avanza dan Xenia Type FWD.

  1. Area kaki-kaki depan mulai dari roda sampai kemudi, hingga suspensi lebih terasa berat lantaran tugasnya sebagai penggerak sekaligus kemudi, termasuk menahan beban mobil ketika terjadinya pengereman.
  2. Kondisi tersebut berpengaruh pada komponen penggerak roda depan, terutama as roda yang mudah aus dan mengharuskan service secara rutin.
  3. Pergerakan mobil melalui roda depan lebih cenderung understeer alias tidak mau berbelok karena bobot mobil bertumpu di depan.
  4. Ketika mobil menanjak bobot kendaraan berpindah ke as roda belakang sehingga ban depan sulit mendapatkan traksi optimal.

Sebelum memutuskan membeli Toyota Avanza dan Xenia type penggerak FWD anda baiknya menyesuaikan dengan kondisi geografis dan karakter berkendara anda.

(mag7/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved