Breaking News:

Kumpulan Doa

Bacaan Lengkap Zikir Pagi dan Petang, Disertai Tulisan Arab Latin dan Terjemahan

“Allah, tidak ada tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus

Ist
berdoa bersama sholat 

TRIBUN-MEDAN.com - Momen pergantian antara siang dan malam hari sesungguhnya terdapat tanda-tanda-tanda kebesaran Allah SWT.

Umat Islam dianjurkan untuk senantiasa berzikir dan bertasbih melafazkan doa-doa dan puji-pijian kepada Sang Pencipta agar mendapat karunia nikmat di dunia dan akhirat.

Pagi dan siang hari umar beragama diserukan agar mencari rezeki dan karunia oleh Allah. Sedangkan menjelang malam, di saat fisik sudah mulai lelah dianjurkan untuk kembali beristirahat.

Dengan berzikir akan bermanfaat agar lebih dekat dengan Allah, mendapat perlindunganNya, diberi ampunan, diberi maaf, diberi kesembuhan, diberi ridho dan rahmat. 

Baca juga: Baca Sholawat Ini, Jadi Amalan Pembuka Pintu Rezeki, Memudahkan Melunasi Utang

Nabi Muhammad bahkan menganjurkan zikir petang yang bisa dilakukan mulai dari waktu usai sholat (salat) Ashar sampai terbenamnya matahari. Pahalanya setara dengan membebaskan atau memerdekakan empat orang budak.

Apakah menunggu matahari terbenam sepenuhnya atau seperti kapan waktu zikir pagi dan petang? Rasulullah SAW bersabda yang artinya, “Aku duduk bersama orang-orang yang berdzikir kepada Allah Ta’ala mulai dari (waktu) sholat subuh hingga terbit matahari lebih aku cintai daripada memerdekakan empat orang budak dari putra Nabi Ismail. Dan duduk bersama orang-orang yang berdzikir kepada Allah mulai dari (waktu) sholat Ashar sampai terbenam matahari lebih aku cintai daripada memerdekakan empat orang budak.” (HR. Abu Dawud).

Baca juga: Tak Hafal Surat Al Quran, Bisa Perbanyak Zikir Baca Subhanallah, Keutamaannya Luar Biasa

Baca juga: Masih Bertato Lalu Hijrah, Apakah Sah Wudhunya? Begini Penjelasan Buya Yahya

Adapun bacaan zikir petang bisa dengan melafazkan secara zahir atau dalam hati. Bacaannya bisa berupa doa dari ayat-ayat Alquran, Sholawat kepada Rassulullah dibaca tidak harus di masjid, karena bisa dimanapun berada.

Dikutip dari http://somadmorocco.blogspot.com/ Ustaz Abdul Somad amalan zikir dan sholawat kepada Rasulullah yang disusun oleh Syekh As-Sayyid Muhammad bin ‘Alawy Al-Maliki Al-Hasani. Amalan ini diterjemahkan langsung oleh Abdul Somad, Lc., MA.

Bertikut bacaannya : 

Ash-Shalawat Al-Ibrahimiyyah.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved