Insentif Pajak Barang Mewah (PPnBM) Dongkrak Penjulan Mobil 2021 dan Asuransi Tumbuh Pesat

Asuransi mobil masih cukup besar di Indonesia. Apalagi, pemulihan terus dilakukan di berbagai sektor, termasuk industri otomotif.

TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Model berpose di samping mobil Veloz pabrikan Toyota di acara GIIAS, di Hotel Santika Dyandra, Medan, Jumat (25/10/2019). Pameran yang diikuti delapan perusahaan otomotif dengan sponsor utama Astra Financial yang digelar 23-27 Oktober 2019 tersebut guna mendorong industri otomotif nasional. 

TRIBUN-MEDAN.com - Asuransi mobil masih cukup besar di Indonesia. Apalagi, pemulihan terus dilakukan di berbagai sektor, termasuk industri otomotif.

Proyeksi pasar mobil baru oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) yang awalnya dipatok hanya 750 ribu unit, kini telah menembus angka 790.534 unit untuk periode Januari hingga November 2021.

Tercatat, total penjualan mobil hingga akhir Desember 2021 nanti bisa tembus 800 ribu unit.

Insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang diberikan oleh Pemerintah sejak Maret 2021 lalu, tampak jadi formula yang ampuh untuk kembali menggairahkan pasar otomotif Tanah Air.

Membaiknya pasar otomotif di tengah pandemi Covid-19 ini turut dirasakan oleh perusahaan asurasi kendaraan, salah satunya Zurich Asuransi Indonesia.

Avanza Terbaru 2019 Meluncur, Kejutan yang Ditunggu Konsumen, Harga tak Naik, Ini Daftarnya! oyota Avanza Veloz Facelift.
Avanza Terbaru 2019 Meluncur, Kejutan yang Ditunggu Konsumen, Harga tak Naik, Ini Daftarnya! oyota Avanza Veloz Facelift. (KOMPAS.com / Aditya Maulana)

Pemulihan pasar otomotif dan kebijakan yang dieksekusi dengan tepat, memberikan dampak positif bagi kinerja Zurich sepanjang 2021 ini.

"Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) pada kuartal III/2021, asuransi kendaraan bermotor berhasil menopang kinerja asuransi umum dengan kontribusi sebesar 20,3 persen," ujar Wayan Pariama, Direktur Zurich Asuransi Indonesia yang dilansir dari Gridoto.com lewat pesan singkat, Senin (27/12/2021).

Berdasarkan rinciannya, Zurich turut merasakan kinerja otomotif yang membaik di mana pasar mobil yang meningkat ikut mendorong penjualan asuransi mereka.

"Di Zurich sendiri, kami juga mencatat kinerja positif serupa pada produk asuransi kendaraan," katanya.

Disampaikan olehnya, produk asuransi otomotif mendominasi portofolio Zurich Asuransi Indonesia dengan kontribusi produk asuransi kendaraan roda dua mencapai 39 persen.

DAFTAR Puluhan Mobil Baru Bakal Mendapatkan Diskon PPnBM 2022, Ada Toyota Veloz dan Agya

Lebih Sporty dan Rally, Honda CRF250 Mengalami Perubahan dari Segala Lini

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved