Sosok Manusia Pertama yang Berhasil Menggunakan Jantung Babi

Para Ilmuwan Universitas Harvard dan perusahaan eGenesis sebelumnya berhasil menyingkirkan virus yang bersembunyi di DNA 37 babi.

Editor: Abdi Tumanggor
NYU LANGONE VIA BBC NEWS INDONESIA
Ginjal babi dihubungkan dengan pembuluh darah pasien penerima. 

TRIBUN-MEDAN.Com - Pada tahun 2017 lalu, sejumlah peneliti Amerika Serikat telah mulai memodifikasi genetika sekumpulan babi agar bisa menjadi pendonor organ tubuh manusia.

Para Ilmuwan Universitas Harvard dan perusahaan eGenesis sebelumnya berhasil menyingkirkan virus yang bersembunyi di DNA 37 babi.

Virus tersebut selama ini adalah rintangan besar untuk mentransplantasi organ babi ke manusia.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Science ini dimulai dengan sel kulit dari babi. Hasilnya, sebanyak 25 virus yang jamak ada pada babi (porocine endogenous retroviruses) - ditemukan tersembunyi dalam kode genetika babi.

Rangkaian eksperimen mencampur sel manusia dan babi menunjukkan bahwa virus tersebut dapat lolos dan menginfeksi jaringan manusia.

Para peneliti kemudian menggunakan teknologi pengeditan gen Crispr untuk menghapus 25 Perv tersebut.

Peneliti juga memakai teknologi kloning, seperti yang digunakan untuk membuat domba kloning bernama Dolly, untuk menempatkan materi genetik dari sel-sel itu ke dalam sel telur babi dan menciptakan embrio. Proses kompleksnya tidak efisien, tapi 37 anak babi sehat telah lahir.

"Ini adalah para babi Perv-free pertama," kata Dr Luhan Yang, salah satu peneliti dari Harvard University dan perusahaan spinout eGenesis, kepada BBC News, pada 12 Agustus 2017 lalu.

Ginjal babi dihubungkan dengan pembuluh darah pasien penerima.
Ginjal babi dihubungkan dengan pembuluh darah pasien penerima. (NYU LANGONE VIA BBC NEWS INDONESIA)

Kabar Menggembirakan di Tahun 2022

Kini di awal Januari 2022, seorang pria Amerika Serikat, David Bennett, menjadi orang pertama di dunia yang mendapatkan transplantasi jantung dari babi yang telah dimodifikasi secara genetik tersebut.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved