Breaking News:

Tanggapi Dunia Metaverse, Menteri Kominfo Sebut Indonesia Berpeluang Ikut di Pengembangan

Dunia Metaverse sudah semakin dekat. Perkembangan teknologi yang begitu kencang membawa masyarakat harus ikut.

(KOMPAS.com/ESTU SURYOWATI)
Ketua DPP Partai Nasdem Johnny G Plate, anggota Komisi XI DPR-RI, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (27/7/2017). 

TRIBUN-MEDAN.com - Dunia Metaverse sudah semakin dekat. Perkembangan teknologi yang begitu kencang membawa masyarakat harus ikut.  

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menganggap Indonesia memiliki peluang besar dalam pengembangan dunia virtual Metaverse global karena memiliki nilai-nilai luhur bangsa dan kearifan lokal.

Menteri Kominfo, Johnny G Plate, mengatakan bahwa Metaverse di Indonesia mulai terbentuk dari sektor yang ekosistem user-nya paling adaptif untuk mengadopsi inovasi digital.

"Hal ini pun akan terus berevolusi dan dimanfaatkan oleh masyarakat luas," ungkap Johnny dalam keterangan tertulis, Sabtu (15/1/2022).

Orang Berlomba Beli Tanah di Dunia Virtual Metaverse, Khawatir Lonjakan Harga, Kini Naik 400 Persen

Johnny juga mengatakan, perkembangan ini menggunakan sumber daya, konektivitas, dan semua elemen informatika di Indonesia, serta melibatkan berbagai perusahaan yang fokus untuk mengembangkan Metaverse.

Menurut Johnny, salah satu peluang untuk menampilkan peran tersebut yaitu dalam ajang Presidensi G20 Indonesia 2022.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo juga sempat menyinggung topik Metaverse dalam pidatonya yang disampaikan di acara Muktamar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ke-34 pada Desember 2021 lalu.

Jokowi menjelaskan bahwa Metaverse dapat dimanfaatkan sebagai wadah kumpul bagi warga NU untuk mengadakan dan mengikuti dakwah serta pengajian secara virtual.

“Metaverse akan mengubah, saya tidak tahu apakah pandemi ini menjadi dipercepat lima atau sepuluh tahun tapi pasti datang. Oleh sebab itu, kita semua harus siap dan kita bersama-sama NU untuk peradaban dunia," ungkap Jokowi.

Konsep Metaverse sendiri adalah semesta kolaboratif yang menggabungkan dunia nyata dengan dunia maya.

Sebuah lahan di Dunia Virtual Metaverse
Sebuah lahan di Dunia Virtual Metaverse (IST)
Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved