Breaking News:

Medan Terkini

PENJELASAN Rumah Sakit Adam Malik soal Dugaan Penelantaran Pasien hingga Meninggal Dunia

Ketika malam itu, kondisi ibunya semakin drop dan harus mendapatkan bantuan medis. Namun setelah beberapa jam menunggu tidak ada dokter yang datang.

TRIBUN MEDAN/ANUGRAH NASUTION
Suasana Rumah Sakit Adam Malik, Selasa (8/3/2022). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pihak Rumah Sakit Umum Pemerintah (RSUP) Adam Malik akhirnya buka suara terkait adanya dugaan penelantaran seorang hingga meninggal dunia.

Humas Adam Malik Rosario Dorothy Simanjuntak mengatakan pasien tersebut merupakan pasien rawat jalan dengan riwayat tindakan Hemodialisa.

Pasien rawat inap di ruangan Rindu B sejak 23 Februari 2022.

"Selama dirawat di RSHAM, pasien sudah menjalani operasi pada tanggal 24 Februari, kemudian menjalani tindakan hemodialisa tanggal 26 Februari hingga 1 Maret 2022," ujar Rosa.

Selama beberapa hari menjalani perawatan, pasien atas nama Dumaria Matondang (70) meninggal dunia pada tanggal 1 Maret 2022.

Pihak keluarga kemudian protes ke rumah sakit karena merasa selama menjalani perawatan di Rumah Sakit Adam Malik tidak mendapatkan pelayanan dengan baik.

Mengenai tuduhan itu pihak rumah sakit dengan tegas membantahnya.

Rosa mengatakan sudah melakukan pengecekan langsung atas tuduhan pihak keluarga pasien yang merasa diabaikan saat menjalani perawatan di rumah sakit.

"Mengenai pengabaian yang disampaikan pihak keluarga, kami sudah melakukan pengecekan baik terhadap petugas maupun rekam medis (status) pasien, bahwasanya pasien tidak pernah diabaikan," sebut Rosa.

Kata Rosa dalam kondisi kritis yang dialami pasien pihak rumah sakit sudah melakukan semua tindakan yang dibutuhkan pasien.

Hal itu membantahkan pernyataan Anah Sianipar keluarga pasien yang merasa ditelantarkan oleh pihak rumah sakit hingga membuat orang tuanya meninggal dunia.

"Sejak keluarga melaporkan kepada petugas tentang kondisi pasien yang menurun, petugas sudah melalukan semua tindakan yang dibutuhkan pasien sesuai kewenangannya. Dan hal ini semua tertuang lengkap dalam rekam medis pasien," tuturnya.

Sebelumnya Anah Sianipar mendatangi rumah sakit Adam Malik lantaran dirasa telah mengabaikan orang tuanya yang menjalani perawatan disana.

"Karena saya menduga akibat kelalaian pihak rumah sakit telah membuat orang tua saya meninggal dunia. Itu orang tua saya yang sudah meringis kesakitan dari sejak jam 8 malam sampai jam 10 pagi tidak ada dapat pelayanan dari rumah sakit," sebut Anah, Selasa (8/3/2022)

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved