Musrembang 2023, Bupati Eddy Berutu Akan Perbaiki Jalan Provinsi Karo - Dairi

Bupati Dairi, Eddy Keleng ate Berutu membuka langsung Muyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD)

Editor: jefrisusetio
Istimewa
Bupati Dairi, Eddy Keleng ate Berutu membuka langsung Muyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) 

TRIBUN-MEDAN.COM,SIDIKALANG - Bupati Dairi, Eddy Keleng ate Berutu membuka langsung Muyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kabupaten Dairi 2023 di Balai Budaya Sidikalang, Senin (28/3/2022).

Musrenbang RKPD tersebut mengambil tema penguatan sektor unggulan ekonomi daerah ketrampilan berusaha dan perluasan kesempatan kerja yang turut di hadiri oleh Unsur Forkopimda Kabupaten Dairi.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi yang diwakili oleh Kepala Dinas Kominfo Sumatera Utara, Kaiman Turnip mengatakan RKPD mempunyai fungsi dan peran strategis dalam menjalankan program pemerintah daerah.

Jalan di Sumatera Utara adalah jalan terpanjang di dunia. Untuk Dairi, beberapa peningkatan jalan akan dilakukan di antaranya peningkatan jalan Sumbul Tiga Baru, Jalan Tanjung Beringin PLTA dengan anggaran multi years sekitar Rp 60 miliar.

Dairi juga diharapkan akan menjadi patron ke depan dalam pelayanan publik," ujar Kaiman dalam kata sambutannya.

Eddy Berutu sampaikan RKPD tahun 2023 sebagai moment penting meletakkan kebijakan dasar pembangunan.

Pada perubahan RPJMD 2019-2024 yang menjadi tematik yakni penguatan sektor unggulan ekonomi daerah, ketrampilan berusaha. Dan, perluasan kesempatan kerja dengan 5 sasaran diantaranya, peningkatan sektor pertanian, peningkatan pariwisata serta peningkatan sektor industri.

Disektor digitlaisasi, ia mengatakan Pemkab Dairi bersama Kementrian Kominfo akan melatih 5000 digital enterpreneurship academy bagi para pengusaha yang telah memasuki gelombang ke 3.

Setelah pelatihan tersebut, akan dilanjutkan dengan pelatihan start up kewirausahaan selama 2-3 bulan secara intensif yang bertujuan untuk menyiapkan kelembagaan sumber daya manusia yang berdaya saing.

"Bank Mestika, Bank Sumut dan Bank BRI yang siap berkolabirasi dengan Pemkab Dairi untuk mendorong pendapatan masyarakat dan peningkatan lapangan kerja," ungkap Eddy Berutu.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved