Tips

Terbiasa Puasa Tanpa Sahur? Ternyata Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Dampak buruk bisa menyerang diri dan kesehatan kamu jika kamu melewatkan sahur secara terus menerus, hal itu bisa dirasakan saat berpuasa.

Penulis: Dina purnama | Editor: Royandi Hutasoit
IST
Ilustrasi Berdoa saat Makan Sahur - 

TRIBUN-MEDAN.com – Dampak buruk bisa menyerang diri dan kesehatan kamu jika kamu melewatkan sahur secara terus menerus, hal itu bisa dirasakan saat berpuasa.

Makan sahur merupakan aktivitas yang disunnahkan oleh Rasulullah saat berpuasa, kegiatan makan sahur juga sangat penting untuk mengisi energi saat menjalani puasa yang hampir seharian.

Banyak orang yang terlambat makan sahur bahkan melewatkannya, meski demikian puasa memang tetap sah tanpa makan sahur namun ada sejumlah konsekuensi yang akan timbul, dampak buruk melewatkan sahur ini bisa memengaruhi aktivitas selama berpuasa.

Ada sejumlah konsekuensi yang akan timbul jika terus melewatkan sahur, terlebih bagi kesehatan dan dapat menganggu aktivitas dan konsentrasi.

Sahur merupakan pengganti sarapan selama puasa, dengan makan sahur tubuh memiliki cukup energi untuk beraktivitas menahan lapar dan juga haus.

Dehidrasi

Dampak buruk pertama yang bisa kamu rasakan ketika sering melewatkan sahur adalah mudah terjadi dehidrasi, saat berpuasa tubuh harus menahan haus seharian. Sahur penting untuk menyimpan cairan dalam tubuh, sehingga tidak mudah haus selama berpuasa.

Hal tersebut bisa memicu dehidrasi yang mengacaukan metabolisme tubuh, sekitar tiga perempat tubuh manusia terdiri dari air, dehidrasi bisa menyebabkan lemas, pusing, dan kekurangan energi, gejala pertama dehidrasi meliputi rasa haus, urin yang lebih gelap dan penurunan produksi urin.

Malnutrisi

Melewatkan sahur juga bisa menyebabkan malnutrisi atau kekurangan gizi. Diketahui setiap harinya tubuh manusia membutuhkan protein, vitamin, dan mineral lainnya untuk dapat bekerja dengan baik. Tanpa makan sahur, tubuh akan kekurangan nutrisi yang dibutuhkannya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved