BBM Subsidi

PEMKAB Dairi bakal Tindak Tegas Pengecer dan SPBU yang Menyalahgunakan BBM Bersubsidi

Pemerintah Kabupaten Dairi akan menindak tegas bagi oknum yang menyalahgunakan surat rekomendasi dalam mendapatkan BBM Solar.

TRIBUN MEDAN/HO
ILUSTRASI - Pertamina. 

TRIBUN-MEDAN.com,SIDIKALANG - Pemerintah Kabupaten Dairi akan menindak tegas bagi oknum yang menyalahgunakan surat rekomendasi dalam mendapatkan BBM Solar, Selasa (12/4/2022).

Kabag Perekonomian Kabupaten Dairi, Litinus Sembiring mengatakan akan mencabut surat rekomendasi yang sudah dikeluarkan oleh pihak terkait jika hal itu terbukti bersalah.

"Surat rekomendasi itu bisa kita cabut apabila terbukti melanggar," terangnya.

Dikatakannya, saat ini Pemkab Dairi sudah mengeluarkan surat rekomendasi kepada warga yang membutuhkan BBM Solar untuk mempermudah masyarakat.

Seperti halnya untuk bagian pertanian yang membutuhkan BBM Solar seperti bahan bakar traktor, maupun mesin pengupas jagung. Pihak yang berwenang yang mengeluarkan surat rekomendasi adalah Dinas Pertanian.

"Misalnya di sektor pertanian, maka akan dihitung itu keperluan BBM untuk traktornya berapa banyak, maka akan ditulis dalam surat rekomendasi tersebut," bebernya.

Selain itu, pihaknya juga akan menindak bagi SPBU yang kedapatan menjual BBM kepada pengecer yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.

"Kita akan memberikan surat peringatan untuk diteruskan kepada pihak Pertamina, dan pihak Pertamina lah nanti yang akan menindaknya," tegasnya.

Terkait dengan kasus petani yang memborong BBM Solar, Litinus menyerahkan kasus tersebut kepada pihak Kepolisian.

"Kalau memang petani itu menggunakan BBM untuk keperluan pertaniannya, maka surat rekomendasi itu akan berlaku. Namun, jika akan dijual kembali, maka passal tentang migas (minyak dan gas) yang berlaku. Surat rekomendasinya itu juga dapat kita cabut," terangnya.

(cr7/tribun-medan.com) 

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved