PROFIL Odekta Naibaho Peraih Emas SEA Games, Tak Lolos Seleksi Tentara dan Sempat Tak Direstui Ortu

Odekta Naibaho mencapai garis finis setelah berjuang selama 175 menit 27 detik atau setara 2 jam 55 menit dan 27 detik.

Editor: Juang Naibaho
KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO
Pelari Indonesia Odekta Elvina Naibaho membentangkan bendera Merah Putih seusai masuk finis di urutan pertama pada nomor maraton SEA Games Vietnam 2021 di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, Kamis (19/5/2022). Odekta Naibaho mempersembahkan medali emas kepada Indonesia dengan menjuarai nomor tersebut. 

TRIBUN-MEDAN.com - Satu lagi atlet Indonesia berhasil mengibarkan bendera Merah Putih dari podium tertinggi SEA Games 2021. Pelari putri Odekta Elvina Naibaho (30) meraih medali emas di nomor maraton putri, Kamis (19/5/2022).

Keberhasilan Odekta Naibaho mencapai garis finis setelah berjuang selama 175 menit 27 detik atau setara 2 jam 55 menit dan 27 detik. Catatan waktu itulah yang kemudian menghasilkan raihan medali emas untuk Odekta Naibaho.

Air mata Odekta Naibaho langsung mengalir atas keberhasilan ini. Ia pun langsung mengeluarkan kertas bertuliskan "Akhirnya, impianku selama ini terwujud. Mengumandangkan lagu Indonesia Raya."

Dalam pesan tersebut, terpampang juga foto dirinya dan kedua orang tua. Odekta Naibaho mengaku menyiapkan pesan tersebut tepat satu hari sebelum lomba.

"Saya siapkan tulisan itu dari semalam. Sebenarnya saya juga mau menyiapkan cat di wajah tapi enggak dapat. Ini saya tulis dan bawa fotonya, karena dulu saya mengenal olahraga ini dan orang tua saya kurang setuju. Ini jadi pembuktian saya bahwa lagu Indonesia Raya (berkumandang) adalah puncak dari pencapaian saya,” kata Odekta.

"Saya ingin berterima kasih kepada ayah dan ibu saya yang akhirnya menerima saya sebagai atlet. Mengumandangkan Indonesia Raya adalah kepuasan yang tidak bisa dibayar dengan apa pun,” tuturnya menambahkan.

Bagaimana kisah Odekta Naibaho terjun ke dunia maraton ?

Baca juga: Anaknya Raih Medali Emas di Sea Games, Ibu Odekta Elvina Naibaho Tak Kuasa Menahan Haru

Odekta Naibaho awalnya tidak pernah bercita-cita menjadi atlet maraton. Namun, jalan hidupnya berubah secara tak sengaja pada 2012 silam.

Dikutip dari berbagai sumber, Odekta Elvina Naibaho lahir di Desa Soban, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara pada 5 November 1991. Dia adalah putri dari pasangan Marlin Naibaho dan Nurcahaya Manalu. Masa kecil hingga remaja dia habiskan untuk sekolah dan membantu orang tua di ladang.

Selepas lulus SMA, Odekta Naibaho ingin mengubah nasib. Bermodal uang tabungan Rp 400 ribu dan uang pemberian keluarga Rp 1 juta, Odekta merantau ke Jakarta pada 2011.

Dia sempat bekerja di perusahaan simpan pinjam di daerah Bogor. Setelah satu tahun bekerja, dia memutuskan berhenti dan mendaftar kuliah di kampus swasta. Odekta Naibaho mengambil jurusan matematika, dengan harapan kelak menjadi guru.

Menjelang dimulainya perkuliahan, Odekta merasa berat badannya kurang ideal, sekitar 56 kg. Ia pun ingin menurunkan berat badan.

Bersama kerabatnya, Odekta berolahraga di kawasan Senayan. Sekadar jogging dan berlari. Entah kenapa, ia mulai "jengkel" karena kerap disalip para pelari perempuan, termasuk oleh ibu-ibu. Sejak itulah, Odekta mulai rutin berlari di Senayan agar bisa mengungguli para pelari “tua”.

Seiring waktu, Odekta berkenalan dengan para pelari. Pertemanan itu pula yang membawa Odekta Naibaho bergabung dengan Indonesia Muda Atletik, klub lari profesional yang melahirkan banyak atlet.

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved