News Video

80 Judoka Saling Membanting pada Kejuaraan Judo Medan Terbuka 2022 di Pengda PJSI

Puluhan Judoka ikut serta dalam Kejuaraan Judo Medan Terbuka menuju PON 2024 Sumut-Aceh yang diselenggarakan di Pengda PJSI

Penulis: Abdan Syakuro | Editor: Fariz

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Puluhan Judoka ikut serta dalam Kejuaraan Judo Medan Terbuka menuju PON 2024 Sumut-Aceh yang diselenggarakan di Pengda PJSI (Persatuan Judo Seluruh Indonesia) Jalan Gaharu No.6, Gaharu, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan, Minggu (05/06/2022).

Judo adalah seni bela diri, olahraga, dan filosofi yang berakar dari Jepang. Judo dikembangkan dari seni bela diri kuno Jepang yang disebut Jujutsu.

Jujutsu yang merupakan seni bertahan dan menyerang menggunakan tangan kosong maupun senjata pendek, dikembangkan menjadi Judo oleh Kano Jigoro pada 1882.

Ketua Panitia Ahmad Sani menuturkan Kejuaraan Judo Medan Terbuka dibawah naungan KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Medan.

"Ini merupakan kegiatan rutin untuk pengurus Judo Kota Medan, jadi tuntutan dari pada KONI Medan," kata Sani.

Sani mengatakan antusiasme Judoka dalam Kejuaraan Judo Medan Terbuka sangat tinggi paskapandemi.

"Peserta sekitar 80 orang Judoka, itu dari 10 klub, 2 dari daerah. Ini termasuk untuk persiapan PON 2024 Sumut-Aceh yang akan datang," ucap Sani.

Ada 8 kategori kelas yang dipertandingkan mulai dari -46 kg, -52 kg, -55 kg, -60 kg, -63 kg, -73 kg, +63 kg, +73 kg.

Ia mengatakan dengan adanya Kejuaraan Judo Medan Terbuka ini dapat meningkatkan prestasi para Judoka Sumut.

"Ini insyaallah ya, mudah-mudahan kedepan Judo Sumut khususnya Medan jauh lebih bagus lagi, dulu sempat vakum segala macam, kita lagi meningkatkan prestasi untuk Judo disaat ini, baik Judo Sumut maupun Judo Kota Medan," kata Sani.

Satu pertandingan Judo berlangsung selama 3-20 menit. Pemenang ditentukan dengan jalan Judoka pertama yang meraih satu angka, baik dengan bantingan maupun kuncian.

Jika setelah waktu yang ditentukan tidak ada pemain yang memperoleh satu angka, pemain dengan nilai lebih tinggi menang atau pertandingan berakhir seri.

Sani mengaku tujuan akhir dari Kejuaraan Judo Medan Terbuka untuk persiapan menuju PON 2024 Sumut-Aceh.

"Tapi ini Kejuaraan Judo Medan Terbuka, jadi ini anak-anak kita targetkan untuk persiapan menuju PON 2024 Sumut-Aceh. Selain itu juga ada Pelatda (Pemusatan Latihan Daerah) untuk PON 2024 Sumut-Aceh juga," ucap Sani.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved