Tempat Nongkrong di Samosir

Asyiknya Nongkrong di Creative Hub Samosir, Nikmati Kuliner Lokal Sambil Lihat Sunset

Tak hanya itu, ternyata sebagian produk lokal ini dipasok oleh para pelaku UMKM binaan rutan Toba.

Penulis: Kartika Sari | Editor: Ayu Prasandi
TRIBUN MEDAN/KARTIKA
Pengunjung saat menikmati sedang nongkrong di Creative Hub Samosir. 

TRIBUN-MEDAN.com, SAMOSIR - Pelaku ekonomi kreatif di Samosir kini semakin terwadahi dengan hadirnya Creative Hub Samosir.

Diresmikan langsung oleh Menparekraf Sandiaga Uno pada bulan Maret 2022 lalu, Creative Hub Samosir diisi oleh beragam aktivitas, mulai dari coffee shop, produk UMKM kuliner hingga fashion yang beroperasi mulai pukul 09.00-22.00 WIB.

Creative Hub Samosir ini dibentuk untuk meningkatkan jumlah wisatawan agar lebih banyak lagi datang ke Samosir.

Baca juga: SIMAK Tips Memulai Usaha UMKM Kuliner Anti Rugi ala Ketua Asosiasi UMKM Sumut

Ini salah satu program pemerintah pusat untuk wadah kaum muda berkreasi," ungkap Staf Dinas Pariwisata Samosir, Friska belum lama ini.

Saat memasuki Creative Hub, para pengunjung akan dapat melihat deretan aneka cemilan seperti keripik singkong, sambal andaliman, kopi, dan cemilan khas Samosir.

Para pengunjung dapat bersantai menikmati aneka cemilan di Creative Hub Samosir sambil melihat sunset (matahari terbenam) langsung dari Pantai Situngkir, Desa Situngkir, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir 

"UMKM yang ada di Samosir juga berkolaborasi di Creative Hub dan juga ada komunitas kopi yang ada di Samosir yang menyediakan makanan dan minuman ringan sembari menikmati sunset, disini sunsetnya bagus sekali," ujarnya.

Tak hanya itu, ternyata sebagian produk lokal ini dipasok oleh para pelaku UMKM binaan rutan Toba.

Dijelaskan Friska bahwa kolaborasi ini untuk membangkitkan semangat para binaan rutan agar dapat memiliki peluang berkarya saat bebas dari tahanan.

"Lapas itu memiliki UMKM dan Samosir sudah menyadari bahwa sudah menjadi pulau pariwisata sehingga lapas itu sudah bergerak di bidang pariwisata berupa hasil karya anak lapas yang berkreasi," kata Friska.

Selain para pelaku UMKM, para musisi lokal juga berkesempatan untuk untuk unjuk kreativitas di Creative Hub Samosir ini.

Baca juga: Bisa Bikin Tahan Lama, Telur Asin Asap Kuliner Khas Brebes Kini Ada di Asahan, Begini Rasanya

"Tiap minggu itu ada sekitar 2-3 musisi yang unjuk kreativitas mereka," tuturnya.

Sementara itu, Creative Hub Samosir juga memiliki panggung megah tepat di dekat bibir pantai yang akan menambah keseruan anak muda lokal menyalurkan bakat yang dimiliki.

Perlu diketahui, sebelum dibangun Creative Hub Samosir, pemerintah juga sudah membangun Creative Hub di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Denpasar yang ditujukan dapat meningkatkan geliat ekonomi kreatif maupun pariwisata di daerah tersebut.

(cr13/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved