Peresmian Patung Jamin Ginting

Peresmian Patung Jamin Ginting, Potret dan Perjalanan Pendirian Patung

Patung Letjen Jamin Ginting, seorang tokoh pejuang kemerdekaan dari Tanah Karo diresmikan tepat di titik KM nol Jalan Jamin Ginting, Kota Medan.

Peresmian Patung Jamin Ginting, Potret dan Perjalanan Pendirian Patung

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Patung Letjen Jamin Ginting, seorang tokoh pejuang kemerdekaan dari Tanah Karo diresmikan tepat di titik KM nol Jalan Jamin Ginting, Kota Medan, Selasa (28/6/2022).

Dalam peresmian tersebut turut hadir putri dari Letjen TNI Jamin Gintings, Riahna Ginting.

Peresmian itu turut diresmikan langsung Wali Kota Medan, Bobby Nasution.

Riahna Ginting menyampaikan ungkapan rasa bahagia dan bangganya akan diresmikannya patung dari ayahnya yang merupakan seorang pahlawan Tanah Karo ini.

"Kami bangga dengan adanya patung ini, karena memang susah payah mencari lokasi patung sejak saat itu, jadi kami sangat berterimakasih kepada Walikota karena telah mengizinkan berdirinya patung di Kota Medan," ungkapnya.

Ia menceritakan, dalam pencarian dan pemilihan lokasi untuk tempat patung Letjen TNI Jamin Ginting berdiri, melihat begitu panjangnya Jalan Jamin Ginting yang bermula dari KM Nol tempat patung berdiri hingga Kabanjahe, Tanah Karo.

Terhitung Jalan Jamin Ginting membentang sepanjang kurang lebih 80 kilometer, oleh karena itu Jalan Jamin Ginting dikenal menjadi jalan terpanjang di Indonesia.

Dalam hal ini, Riahna mengatakan pengalamannya ketika melihat Jalan Sudirman di Jakarta, kala itu ia mengatakan keinginannya kepada sang ibu yaitu Ny Likas Tarigan.

"Jadi saya bilang ibu saya waktu masih hidup untuk membuat patung di Jalan Jamin Ginting, tetapi Jalan Jamin Ginting tidak ada trotoarnya, jadi tidak bisa sampai kemarin, dan tiba-tiba lokasi tempat dibangun ini kosong, jadi saya bilang untuk meletakkan patung Jamin Ginting ditempat saat ini dibangun," tuturnya.

Melihat lokasi dan lahan yang kosong, Riahna pun meminta izin kepada pemerintah setempat lalu kepada Walikota Medan, dan diizinkan tanpa hambatan.

Riahna mengatakan, proses perizinan hingga pembangunan patung Letjen TNI Jamin Ginting dimulai pada Oktober 2021 dan selesai serta diresmikan dalam tempo waktu enam bulan.

Meski begitu, ia mengatakan keinginannya untuk membuat sebuah patung untuk mengenang tokoh pejuang kemerdekaan ini telah lama ia inginkan yakni sejak enam tahun yang lalu.

"Jadi patungnya sudah selesai sejak enam tahun yang lalu, tetapi kami simpan di Kota Bandung," pungkasnya.

(cr9/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved