Beli LPG 3 Kg Pakai Aplikasi, Pertamina: Untuk Menekan Beban Subsidi yang Melebar

sejumlah pedagang mengaku merasa disulitkan terhadap aturan pembelian LPG, yang mengharuskan memakai aplikasi

Penulis: Angel aginta sembiring | Editor: Eti Wahyuni
Int
Ilustrasi tabung LPG 3 Kg. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Selain kebijakan pembelian BBM subsidi jenis Pertalite dan Solar menggunakan MyPertamina yang akan segera diterapkan per 1 Juli 2022, pembelian LPG 3 kilogram juga mengadopsi skema yang sama.

Dikatakan Direktur Pemasaran Regional Pt Pertamina Patra Niaga (PPN), Mars Ega Legowo Putra, langkah ini dilakukan untuk memastikan penyaluran subsidi LPG 3 kilogram bisa tepat sasaran.

Ada pun di Kota Medan, sejumlah pedagang mengaku merasa disulitkan terhadap aturan pembelian LPG, yang mengharuskan memakai aplikasi MyPertamina.

"Menurut saya ini menyulitkan pengecer seperti kami ini, terlebih misalnya nanti dalam pembelian ada pembatasan jumlahnya di agen, duh ribet sekali," ungkap Mirna, pemilik grosir Harahap, di Jalan Setia Budi, Kota Medan kepada Tribun Medan, Kamis (30/6/2022).

Ia juga menyebutkan, menurutnya tak hanya ia saja yang merasa dipersulitkan, terlebih juga pengecer kecil yang berada di sekitarnya, tentunya akan merasa ribet akan pembelian menggunakan aplikasi.

Baca juga: Jangan Panik, Besok Pertamina Masih Layani Pembelian Pertalite atau Solar Tanpa Kode QR

Dikatakannya, ia juga merasa kasihan kepada pedagang kecil yang mendapatkan keuntungan sedikit namun harus memiliki dan membawa smartphone setiap kali membeli.

Dalam kesempatan sama, pengecer di Jalan Pembangunan USU, Rimto juga menyampaikan keresahannya akan informasi tersebut.

Menurutnya, kebijakan tersebut menyulitkan pedagang kecil seperti dirinya, dan ia juga mengaku masih kebingungan akan penggunaan untuk pembelian LPG 3 kg.

Ia berharap, apabila nanti memang kebijakan tersebut sudah diterapkan di Kota Medan. Harapnya, adanya sosialisasi dan uji coba bagi kalangan pengecer dan masyarakat menengah ke bawah.

"Ya semoga adalah kebijaksanaan untuk mempermudah masyarakat yang membeli juga nantinya, misalnya orangtua yang berjualan, semoga mereka juga mudah mengerti akan digitalisasi ini," ujarnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved