Breaking News:

Bisa Membahayakan, Inilah Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Alergi Dingin dengan Tepat

Jika kamu mengalami pembengkakan pada wajah, pandangan menjadi gelap, keringat dingin, jantung berdebar cepat, sesak napas,

Wikimedia
Ilustrasi Biduran 

TRIBUN-MEDAN.com - Alergi dingin biasanya terjadi pada remaja yang beranjak dewasa. Alergi ini biasanya akan muncul ketika terkena hawa dingin, tanpa sengaja menyentuh benda yang sangat dingin seperti es, berenang di air dingin, atau saat kulit terkena air hujan yang sejuk.

Tetapi pada umumnya, reaksi alergi ini akan hilang dengan sendirinya dalam jangka waktu tertentu. Karena itu tak heran jika pada akhirnya banyak yang tidak memakai obat untuk mengatasi alergi ini.

Kendati demikian, kamu tetap bisa mengatasi dengan obat antialergi bila memang dirasa mengganggu. Setelah hilang, reaksi alergi dapat muncul kembali jika penderitanya terpapar suhu dingin.

Ilustrasi alergi
Ilustrasi alergi (Brightside.me)

Selain itu, alergi ini biasanya baru dapat sembuh total setelah beberapa tahun. Tapi bagi sebagian orang, kondisi ini akan menetap seumur hidup.

Secara ilmiah, saat terpapar suhu dingin, tubuh akan melepaskan histamin, yaitu zat kimia yang menimbulkan reaksi alergi.

Karena itu tak heran jika pada akhirnya alergi tersebut akan muncul saat kulit terpapar hawa dingin. Kulit sensitif juga diduga menjadi salah satu faktor penyebab munculnya alergi dingin.

Tetapi ada banyak orang yang tak sadar jika dirinya memiliki alergi dingin.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Alergi dengan Cepat dan Tepat

Dilansir dari berbagai sumber, pada umumnya gejala alergi dingin adalah seperti berikut ini:

1. Biduran
Biduran adalah bentol-bentol kemerahan di kulit yang terasa gatal. Ukuran bentol bisa beragam, mulai dari selebar kacang hijau hingga selebar buah anggur.

Gejala ini muncul pada kulit yang terkena suhu dingin, bisa air atau udara. Biduran lebih sering muncul akibat paparan udara yang lembap dan berangin.

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved