Danau Toba Kejurnas Rally 2022

RYAN Nirwan Kampiun Kejurnas Danau Toba Rally 2022, Ijeck Masuk 10 Besar, Ini Klasemen Putaran I

Pereli Toyota Gazoo Racing Indonesia itu menyelesaikan seluruh special stage (SS) sebanyak 9 SS dengan raihan waktu overall 1:56:07.2.

TRIBUN MEDAN/MUHAMMAD ARDIYANSAH
DANAU TOBA KEJURNAS RALLY 2022 - Pereli Ryan Nirwan saat ditemui awak media usai menjuarai Kejurnas Danau Toba Rally 2022, di Parapat, Simalungun, Minggu (7/8/2022). 

TRIBUN-MEDAN.com, SIMALUNGUN - Pereli asal Kalimantan Timur, Ryan Nirwan dengan navigator Adi Indiarto tampil sebagai kampiun di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Danau Toba Rally 2022 putaran I yang digelar di Hutan Tanaman Industri (HTI) Sektor Aek Nauli, Parapat, Simalungun yang berakhir Minggu (7/8/2022).

Pereli Toyota Gazoo Racing Indonesia itu menyelesaikan seluruh special stage (SS) sebanyak 9 SS dengan raihan waktu overall 1:56:07.2.

Ryan yang turun di kelas M1 diekori pereli HRVT BGM HBM BMB, Ahmad Riszki Prayoga/Donny Wardono di urutan kedua dengan catatan waktu 1:59:03.1 dan Bintang Barlean/Anondo Eko (BRM Motorsport) dengan waktu 2:06:20.8.

Ryan yang mendominasi pada hari pertama dengan 4 dari 6 SS tetap konsisten dengan performanya di tiga SS terakhir. Hanya saja kali ini dia mendapat perlawanan dari pereli tuan rumah, Musa Rajekshah dengan navigator Hervian Soejono.

Ryan Nirwan sempat tercecer di urutan ketiga saat menyelesaikan SS-7 di lintasan Gorbus dengan 19:19.5. Ia mempunyai selisih waktu 4,9 detik dengan Musa Rajekshah/Hervian Soejono yang bertengger di urutan pertama.

Ryan Nirwan menjadi yang tercepat di SS-8 kawasan Aek Nauli. Ryan yang menggeber Toyota Yaris GR AP4 miliknya dengan catatan waktu 05:39.1.

Ijeck berada di urutan kedua hanya berselisih sangat tipis 05:39.5. Mereka ditempel Bimo Pradikto/Anthony Sarwono dari Banteng Motorsport dengan selisih 10,7 detik. Di SS-9, Ryan berselisih 19 detik dari Ijeck/Hervian yang mencatat waktu 14:40.5.

Ryan bersyukur bisa tampil konsisten selama dua hari gelaran ini berlangsung. Ia juga menyebut lintasan reli di Danau Toba sangat sulit dan menantang. Meski begitu, ia tetap bersyukur menerapkan strategi yang bagus.

"Alhamdulillah kita tahun ini gunakan mobil baru, gunakan GR Yaris AP4. Sprint Rally juga kemarin peringkat 1. Menang di sini luar biasa, cukup membanggakan," kata Ryan.

"Gorbus dan Aek Nauli punya karakter yang mirip. Bebatuan tajam. Trek yang merusak mobil, banyak yang gak finish. Sedangkan Huta Tonga tricky banget. Gak cuma harus kencang tapi juga harus pintar atur strategi, kapan kita harus pol-polan kapan harus break off. Alhamdulillah sama tim bisa mengatur strategi dengan baik. Dari SS-1 sampai SS-9 gak ada trouble. Gak ada pecah ban, mobil aman terus. Ini mobil yang luar biasa untuk pereli," tambahnya.

Sementara pereli tuan rumah Sumut memenuhi target lolos ke 5 besar kejurnas seri I. Adalah Benny Lautan/Edwin Nasution pereli asal RFT Motorsport yang menembusnya dengan catatan waktu 2:06:20.8. Benny/Edwin sekaligus merajai kelas M3.

Sementara pereli Sumut lainnya, Harun Mustafa Nasution/Anif Fauzi Harahap yang sempat menembus 7 besar pada hari pertama finish di urutan 12. Namun mereka merebut peringkat kedua kelas M3 dengan catatan waktu 2:17:57.9.

Sementara Wagub Sumut, Musa Rajekshah/Hervian melesat ke peringkat 9 dari posisi 15 setelah tampil gemilang di tiga SS terakhir. Ijeck juga berada di urutan keenam kelas M2.

Klasemen 10 besar Kejurnas Reli Putaran I

1. Ryan Nirwan/Adi Indiarto (Toyota Gazoo Racing Team) kelas M1 catatan waktu 1:56:07.2

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved