Breaking News:

Sumut Memilih

24 Parpol Sudah Mendaftar ke KPU Siantar, 11 Diantaranya Merupakan Wajah Baru

Dari jumlah tersebut beberapa partai wajah baru mencuat dan patut diperhitungkan keseriusannya untuk maju dalam peta politik tahun 2024.

Penulis: Alija Magribi | Editor: Ayu Prasandi
TRIBUN MEDAN/ALIJA
Pegawai Verifikator KPU Kota Siantar memeriksa keanggotaan partai politik yang mendaftar melalui SIPOL, Selasa (23/8/2022) 

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR- Sebanyak 24 partai politik telah mendaftarkan diri ke KPUD Pematangsiantar.

Dari jumlah tersebut beberapa partai wajah baru mencuat dan patut diperhitungkan keseriusannya untuk maju dalam peta politik tahun 2024.

Komisioner KPU Kota Pematangsiantar, Gina Ruth Fefiliana Ginting menyampaikan, saat ini pihaknya tengah melangsungkan ahapan pertama Verifikasi Administrasi Dokumen Persyaratan Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2024, yang dimulai sejak tanggal 16 sampai 29 Agustus 2022.

“Untuk Kota Pematang Siantar ada 24 Partai Politik yang  keanggotaannya diverifikasi administrasi yang berjumlah total 12.992,” kata sosok akrab disapa Gina ini, Selasa (23/8/2022).

Adapun partai politik tergolong baru tersebut adalah Parsindo, Partai Ummat, Partai Republiku Indonesia, Partai Republik Satu, Partai Republik, Partai Rakyat Adil Makmur (Prima), Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda), Pertai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Parsindo dan Partai Buruh.

Sementara itu, wajah lama antara lain, Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Hanura, Partai Golkar, Partai PDI-P, Partai Amanat Nasional, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

Nantinya, masing-masing partai tersebut di atas wajib memiliki minimal 274 anggota partai, sebelum dinyatakan lolos seleksi administrasi.

“Kita sifatnya di daerah (KPU daerah) hanya melihat kesesuaian anggota partai dengan identitas diri dan persyaratan yang diatur dalam Peraturan KPU terbaru (PKPU),” kata Gina.

Verifikator yang ditugaskan KPU, kata Gina, akan melihat potensi keanggotaaan ganda, baik ganda internal, potensi ganda, ganda eksternal.

Dalam masa verifikasi administrasi pula, KPU Kabupaten/Kota akan menerima Hasil Tindak Lanjut Vermin yang dimulai tanggal 19 sd 26 Agustus 2022.

Verifikasi Administrasi keanggotaan Partai Politik di Kabupaten Kota dilakukan melalui Aplikasi Sistem Informasi Politik (SIPOL).

Baca juga: Mangasi Tua Purba, Mantan Ketua KPU Siantar, Berorganisasi Sejak di Bangku Perkuliahan

Mencermati dan meneliti kesesuaian data yang diinput dan dilampirkan operator Partai Politik ke SIPOL. Adapun yang diperhatikan Verifikator :

1. Meneliti e-KTP/ KK dan KTA ke data yang diinput yaitu Nama Partai, Kecamatan, Nama, NIK, No. KTA, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, Alamat, Status Pekerjaan dan Status Kawin.

2. Meneliti apakah data anggota di SIPOL masuk kategori ganda internal satu partai, potensi ganda dan ganda eksternal terdaftar di lebih satu partai.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved