Breaking News:

Siantar Memilih

KPU Siantar Lanjutkan Proses Klarifikasi Tatap Muka Terhadap Keanggotaan Warga Dengan Parpol

KPU Kota Pematangsiantar akan melakukan tahapan klarifikasi atas laporan tertulis masyarakat mulai Selasa (13/9/2022) besok sampai 7 Desember 2022.

Penulis: Alija Magribi | Editor: mustaqim indra jaya
TRIBUN MEDAN/ALIJA
DIVISI Teknis KPU Pematangsiantar Gina Fefiliana Ginting saat diwawancarai wartawan di Hotel Sapadia Pematangsiantar, Jumat (3/10/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - KPU Pematangsiantar telah menyelesaikan verifilasi administrasi keanggotaan partai politik di Kota Pematangsiantar melalui aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL).

Hanya saja, hasil rekapitulasi KPU Pematangsiantar atas verifikasi administrasi tersebut belum bisa disampaikan ke publik.

Komisioner KPU Pematangsiantar, Gina Ruthfefiliana Ginting menyampaikan, pihaknya dan KPU tingkat Kabupaten dan Kota lainnya, memiliki wewenang terbatas karena sudah diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) terbaru, tahun 2022.

Baca juga: Tahapan Pemilu 2024, KPU Siantar Tuntaskan Verifikasi Administrasi 12.992 Keanggotaan 24 Parpol

“Sesuai PKPU tahun 2022 di  pasal 41, KPU kota hanya melakukan rekapitulasi melalui SIPOL dan mengirimkan rekap tersebut ke KPU Provinsi Sumatera Utara. Wewenang siapa yang menyampaikan hasil Berita Acara (BA) itu adalah KPU RI,” jelas Gina saat ditemui di kantornya, Senin (12/9/2022).

Setelah hasil rekapitulasi verifikasi administrasi disampaikan, KPU Pematangsiantar akan melakukan tahapan klarifikasi atas laporan tertulis masyarakat mulai Selasa (13/9/2022) besok sampai 7 Desember 2022 ke depan.

“Besok tahapan klarifikasinya. Nah, bagi warga yang tercatut namanya di SIPOL sebagai anggota Partai Politik, ini kita kroscek lagi. Apakah benar dia terdaftar dalam anggota partai tersebut atau tidak,” ujar Gina.

Tahapan klarifikasi atas laporan masyarakat ini terbagi dalam empat gelombang.

Pertama 1 Agustus 2022-14 September 2022. Kedua 15 September-12 Oktober 2022, ketiga 15 Oktober 2022-9 November 2022 dan terakhir/keempat 10 November 2022-7 Desember 2022.

Baca juga: 24 Parpol Sudah Mendaftar ke KPU Siantar, 11 Diantaranya Merupakan Wajah Baru

Disampaikan Gina, KPU Pematangsiantar akan melakukan klarifikasi tertulis atas laporan masyarakat. Nantinya, mekanisme itu akan dilakukan dengan memeriksa pada aplikasi helpdesk.

Dalam memeriksa materi pengaduan, KPU wajib berpedoman pada prinsip independen, nondiskriminasi, tidak memihak, tidak memungut biaya, dan menjaga wajib kerahasiaan.

“Kita akan menghadirkan masyarakat langsung atau tatap muka dan mempertemukan dengan LO partai politik tersebut,” kata Gina.

(alj/tribun-medan.com) 


 

 

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved