Breaking News:

Gerakan 30 September PKI

MENGENANG 10 Pahlawan Revolusi hingga Potret Monumen Pancasila Sakti

Ada 9 Perwira TNI AD dan seorang Polisi yang menjadi korban peristiwa Gerakan 30 September (G30S) PKI (Partai Komunis Indonesia).

Editor: Abdi Tumanggor
ist
Soeharto saat pecahnya G30S PKI 

TRIBUN-MEDAN.COM - Mengenang Pahlawan Revolusi, dulunya menjadi target dan korban penculikan PKI dengan cara yang cukup sadis dan keji.

Mereka difitnah telah melakukan makar kepada Presiden RI yang pertama, yaitu Ir Soekarno melalui Dewan Jenderal. Oleh karena itu, mereka dijemput paksa dan dibawa ke Lubang Buaya untuk disiksa hingga dibunuh.

Setelah dibunuh, mereka dimasukkan ke dalam sumur yang ada di kawasan Lubang Buaya di Jakarta Timur.

Ada 9 Perwira TNI AD dan seorang Polisi yang menjadi korban peristiwa Gerakan 30 September (G30S) PKI (Partai Komunis Indonesia).

7 Pahlawan Revolusi yang ditemukan di Lubang Buaya.
7 Pahlawan Revolusi yang ditemukan di Lubang Buaya. (Namapedia)

Ketujuh jasad ditemukan di area sumur tua yang memiliki kedalaman kurang lebih 12 meter oleh Satuan Resimen Anggota Komando Angkatan Darat pada tanggal 4 Oktober 1965.

G30S PKI merupakan salah satu peristiwa yang paling kelam dalam sejarah Republik Indonesia.

Gerakan tersebut tidak hanya terjadi di Jakarta saja, namun juga di Yogyakarta.

Pada waktu itu, kelompok pendukung Partai Komunis Indonesia (PKI) menculik beberapa orang dari perwira tinggi yang dituduh melakukan kudeta. Akibat dari gerakan tersebut, ada beberapa orang yang menjadi korban.

Selain itu, peristiwa tersebut juga menjadi salah satu faktor tumbangnya pemerintah orde lama yang dipimpin langsung oleh Ir Soekarno atau Bung Karno.

Gelar Pahlawan Revolusi, karena gugur dalam suatu percobaan kudeta yang dikenal dengan nama Gerakan 30 September (G30S) atau Gerakan Satu Oktober (Gestok).

Setelah Presiden Soekarno tumbang, oleh rezim Orde Baru, Partai Komunis Indonesia (PKI) kemudian menjadi tertuduh tunggal sebagai dalang gerakan sadis tersebut. Dikutip dari Kompas.id, berikut ini daftar nama 10 Pahlawan Revolusi beserta pangkat dan jabatannya setelah G30S. Mereka juga dikenal Pahlawan Nasional:

Nama-nama Pahlawan Revolusi 10 Orang TNI-Polri.
Nama-nama Pahlawan Revolusi 10 Orang dari TNI-Polri. (ISTIMEWA)

1. Ahmad Yani

Lahir: 19 Juni 1922

Pangkat: Jenderal Anumerta TNI

Halaman
1234
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved