Breaking News:

Tips Sehat

Tips Hidup Sehat Terbebas dari Penyakit Jantung

Pola hidup tak sehat akan menimbulkan ragam penyakit yang dapat menyerang tubuh, bahkan penyakit jantung yang membahayakan nyawa.

Ist
Tips Hidup Sehat Terbebas dari Penyakit Jantung 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pola hidup tak sehat akan menimbulkan ragam penyakit yang dapat menyerang tubuh, bahkan penyakit jantung yang membahayakan nyawa.

Angka kematian atau mortalitas dan morbiditas penyakit jantung dan pembuluh darah atau penyakit kardiovaskuler masih tinggi.

Data terbaru Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan bahwa penyakit jantung koroner dan stroke masih menduduki peringkat pertama dan kedua penyebab kematian utama di dunia.

Adapun jumlah kematian akibat penyakit jantung ini secara global mencapai 18,6 juta orang setiap tahunnya.

Ketua Perhimpunan Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) Sumut dr. Faisal Habib, Sp.JP (K) FIHA mengatakan bahwa delapan puluh persen  penyakit jantung dapat dicegah dengan mengatur pola hidup sehat yang sejatinya tidaklah sulit.

Hal ini disampaikan dalam kegiatan hari jantung sedunia yang digelar PERKI bersama Yayasan Jantung Sehat di Lapangan Astaka Provinsi Sumatera Utara.

Dalam kesempatan tersebut, Faisal menjelaskan ada beberapa cara mudah yang dapat dilakukan untuk mengatur pola hidup sehat guna mencegah serangan penyakit jantung.

1. Tidak Merokok dan Perbanyak Ruang Bebas Asap Rokok

Menurut Faisal, asap rokok mengandung zat yang membahayakan bagi tubuh, terutama untuk kesehatan jantung. Ia menekankan bahwa menghindari rokok bukan hanya tidak merokok namun juga tidak menghirup asap rokok.

Itu sebabnya dalam kampanye mencegah penyakit jantung ini tak bisa hanya dikerjakan oleh PERKI, namun semua lapisan masyarakat, baik itu stakeholder dan pemerintah.

Pemerintah memberikan lebih banyak ruang bebas asap rokok, apalagi jika itu adalah tempat pelayanan publik atau tempat umum lainnya.

2. Rajin Bergerak Atau Aktivitas Fisik yang Cukup

Selain menghindari asap rokok, aktivitas fisik juga meminimalisir resiko serangan penyakit jantung.

Kampanye aktivitas fisik ini juga disampaikan dalam perayaan hari jantung sedunia dengan melakukan senam sehat PERKI, yang dilakukan secara serentak di 42 titik di Indonesia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved