Breaking News:

LPKA Medan

Kepala LPKA Medan Hadiri Sosialisasi RKUHP yang Bertajuk 'Kumham Goes to Campus'

Kepala LPKA Medan turut hadir dalam kegiatan sosialisasi rancangan kitab undang-undang hukum pidana (RUU KUHP) yang bertajuk Kumham Goes to Campus

Editor: Ismail
Dok. Kemenkumham Sumut
Kepala LPKA Medan turut hadir dalam kegiatan sosialisasi Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RUU KUHP) yang bertajuk Kumham Goes to Campus, Kamis (13/10/2022).  

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Kepala LPKA Medan turut hadir dalam kegiatan sosialisasi Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RUU KUHP) yang bertajuk Kumham Goes to Campus, Kamis (13/10/2022). 

Kegiatan sosialisasi ini langsung dipimpin oleh Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) Prof. Dr. Edward Omar Sharif Hiariej menjelaskan urgensi dan latar belakang lahirnya Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) yang saat ini sudah masuk pada tahap akhir pembahasan.

Di bagian awal, Prof. Eddy sapaan akrabnya memberikan gambaran umum mengenai konsep dasar hukum pidana.

"Berbicara hukum pidana, berarti kita berbicara mengenai draft Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana," jelasnya. 

Di hadapan Mahasiswa USU dan perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari universitas yang ada disekitar kota Medan, Wamenkumham menyampaikan 14 pasal krusial yang masih menjadi perdebatan publik. 

Menurutnya Wamenkumham Prof. Eddy O.S. Hariej, menjelaskan bahwa dipilihnya mahasiswa sebagai target audience bukan tanpa alasan. Hal ini dikarenakan mahasiswa merupakan elemen bangsa yang kritis dan idealis yang dapat memberikan aspirasi-aspirasi yang perlu diserap.

"Mahasiswa merupakan Agent of Change (Agen perubahan) yang dapat menggerakkan perubahan untuk menuju ke dalam tatanan kehidupan yang lebih baik," ujar Prof. Eddy

Kumham goes to campus sejalan dengan arahan Presiden RI Joko Widodo yang meminta kepada seluruh tim penyusun RUU KUHP untuk melakukan sosialisasi secara masif kepada masyarakat.

Hal ini dilakukan untuk memberikan kesepahaman atas 14 pasal krusial, serta menghimpun pendapat-pendapat/masukan /aspirasi dari masyarakat terhadap final RUU KUHP.

Kegiatan sosialisasi ini berlangsung di Auditorium Universitas Sumatera Utara (USU) turut dihadiri oleh kepala LPKA Kelas I Medan dan seluruh kepala unit pemasyarakatan yang ada di wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara. (*) 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved