Pakpak Bharat

Koordinasi dengan BBPJN Sumut, Bupati Franc Pastikan Jalan Penghubung Sumut-Aceh Dibangun Kembali

Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor kembali mengunjungi Kantor Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Sumut di Medan.

Editor: Abdi Tumanggor
Diskominfo Pakpak Bharat
Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor kembali mengunjungi Kantor Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Sumut di Medan, Kamis (13/10/2022). Adapun kunjungan Bupati Franc ke Kantor BBPJN Sumut ini terkait tindaklanjut perbaikan ruas jalan nasional penghubung Sumut-Aceh di Kabupaten Pakpak Bharat yang baru-baru ini amblas. 

TRIBUN-MEDAN.COM - Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor kembali mengunjungi Kantor Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Sumut di Medan, Kamis (13/10/2022).

Adapun kunjungan Bupati Franc ke Kantor BBPJN Sumut ini terkait tindaklanjut perbaikan ruas jalan nasional penghubung Sumut-Aceh di Kabupaten Pakpak Bharat yang baru-baru ini amblas.

Kedatangan Bupati Franc ini diterima oleh Kepala Bidang KPIJ Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Sumut, Stalianto, bersama jajarannya.

Bupati Franc dalam pertemuan ini kembali mengungkapkan pentingnya untuk segera membangun dan memulihkan kembali kondisi jalan nasional penghubung Sumatera Utara-Aceh yang terputus pasca amblas dan longsor di Desa Kaban Tengah, Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe, Pakpak Bharat, beberapa waktu lalu.

"Sangat penting untuk segera membangun dan memperbaiki jalan ini, mengingat posisi jalan ini sangat strategis disebabkan arus distribusi barang di antara dua Provinsi ini, khsususnya antara beberapa Kabupaten seperti Aceh Singkil Kota Subulussalam, Kabupaten Aceh Selatan, dan lainnya di Provinsi Aceh dengan beberapa Kabupaten di Provinsi Sumatera Utara terutama Pakpak Bharat, Dairi dan Karo sangat bergantung pada kondisi jalan nasional ini,"jelas Franc.

"Hanya ini satu-satunya jalan penghubung antara berbagai daerah ini, maka oleh karena itu kami sangat berharap agar jalan ini bisa segera dibangun kembali,"ujarnya kemudian.

Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor menemui Direktur Preservasi Jalan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Ir. Akhmad Chayadi, M Eng SC di Jakarta, Senin (3/10/2022) lalu. Kini Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor kembali mengunjungi Kantor Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Sumut di Medan, Kamis (13/10/2022). Adapun kunjungan Bupati Franc ke Kantor BBPJN Sumut ini terkait tindaklanjut perbaikan ruas jalan nasional penghubung Sumut-Aceh di Kabupaten Pakpak Bharat yang baru-baru ini amblas.
Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor menemui Direktur Preservasi Jalan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Ir. Akhmad Chayadi, M Eng SC di Jakarta, Senin (3/10/2022) lalu. Kini Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor kembali mengunjungi Kantor Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Sumut di Medan, Kamis (13/10/2022). Adapun kunjungan Bupati Franc ke Kantor BBPJN Sumut ini terkait tindaklanjut perbaikan ruas jalan nasional penghubung Sumut-Aceh di Kabupaten Pakpak Bharat yang baru-baru ini amblas. (Diskominfo Pakpak Bharat)

Baca juga: Jalan Nasional Penghubung Sumut-Aceh Putus Total, Pemkab Pakpak Bharat Lakukan Penanganan Cepat

Menanggapi hal ini, Kepala Bidang KPIJ Balai besar Pelaksana jalan Nasional Sumut, Stalianto, mengatakan bahwa pihaknya telah merumuskan dan mengkaji tentang rencana perbaikan jalan nasional yang terputus ini.

"Kami dari pihak BBPJN Sumut telah berkoordinasi dengan Kementerian PUPR terkait hal ini, mudah-mudahan di tahun 2023 mendatang kita akan segera membangun kembali jalan ini secara permanen, secepatnya akan kita kerjakan," ujarnya.

Terputusnya jalan nasional ini sempat mengakibatkan arus lalulintas dari dan menuju Provinsi Aceh dan juga beberapa wilayah di Kabupaten Pakpak Bharat sempat terganggu selama beberapa hari.

Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat Bersama Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Sumut saat ini telah membangun jembatan darurat dan hanya boleh dilalui kendaraan dengan tonase yang sangat terbatas.

Baca juga: Bahas Jalan Nasional Sumut-Aceh, Bupati Franc Temui Direktur Preservasi Jalan Kementerian PUPR

(*/Tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved