Breaking News:

Materi Belajar

Materi Belajar: Pengertian Tumbuhan Berbiji dan Proses Reproduksi Tumbuhan Berbiji

Organ reproduksi tumbuhan berbiji dan proses reproduksinya menjadi bahasan utama topik biologi yang akan dijabarkan pada materi pembelajaran berikut.

Penulis: Rizky Aisyah | Editor: Royandi Hutasoit
Ho / Tribun
Pengertian Tumbuhan Berbiji dan Proses Reproduksi Tumbuhan Berbiji 

TRIBUN-MEDAN.com.MEDAN - Organ reproduksi tumbuhan berbiji dan proses reproduksinya menjadi bahasan utama topik biologi yang akan dijabarkan pada materi pembelajaran berikut.

Mengenai sub pembahasan tentang apa itu perbanyakan tumbuhan berbiji akan di jelaskan proses perbanyakan tumbuhan berbiji yang akan dijelaskan sebagai berikut.

1. Pengertian tumbuhan berbiji.

2. Proses perbanyakan tanaman berbiji.

Konsep tumbuhan berbiji

Pada pembahasan sebelumnya telah dijelaskan pengertian tumbuhan berbiji, namun diulas secara singkat bahwa tumbuhan berbiji termasuk dalam tumbuhan darat, dan biasanya tumbuhan berbiji tertinggi adalah pohon yang tingginya lebih dari 100 meter. seperti tumbuhan runjung (Sequoiadendron giganteum).

Proses reproduksi tumbuhan biji

Tumbuhan berbiji memiliki organ reproduksi berupa bunga. Dengan kata lain tumbuhan berbiji memiliki bunga sebagai alat perbanyakan. Perbanyakan jenis tumbuhan dengan biji dapat diuraikan sebagai berikut.

1. Pertama-tama, proses reproduksi dimulai dengan proses penyerbukan, atau penempelan serbuk sari pada kepala putik, dilanjutkan dengan proses pembuahan, yaitu penyerbukan bakal biji dan kantung trakea di dalam bakal biji. Inti yang berasal dari serbuk sari.

2. Zlg0t kemudian berkembang menjadi embrio dan kemudian menjadi buah.

Pembuahan yang terjadi pada tumbuhan berbiji disebut pembuahan ganda karena dua inti reproduksi masing-masing membuahi sel telur, dimana sel telur menjadi organ dan inti biologis organ tersebut menjadi endosperma.

(cr30/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved