Breaking News:

Materi Belajar

Materi Belajar: Pengertian Konflik Sosial dan Faktor Terjadinya Konflik Sosial

Konflik sosial adalah proses pencapaian tujuan dengan cara melemahkan dan menghancurkan lawan tanpa memperdulikan norma dan nilai yang berlaku.

Penulis: Rizky Aisyah | Editor: Royandi Hutasoit
Ho / Tribun
Pengertian Konflik Sosial dan Faktor Terjadinya Konflik Sosial 

TRIBUN-MEDAN.com.MEDAN - Pengertian konflik sosial dan faktor-faktor penyebab konflik sosial di Indonesia menjadi pokok bahasan pembahasan topik sosiologi yang akan dipaparkan secara lengkap dan lengkap dalam materi berikut.

Konflik sosial adalah proses pencapaian tujuan dengan cara melemahkan dan menghancurkan lawan tanpa memperdulikan norma dan nilai yang berlaku.

Perlu diketahui bahwa penyebab konflik sosial terkait dengan berbagai aspek seperti aspek sosial, politik dan ekonomi serta karakteristik biologis Indonesia.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menjumpai konflik yang timbul karena perbedaan tujuan atau nilai, serta perebutan apa yang dianggap membatasi.

Definisi konflik sosial

Konflik sosial adalah suatu bentuk hubungan antara individu atau kelompok dalam masyarakat untuk mendapatkan sesuatu yang berharga atau langka, diikuti dengan berbagai tindakan yang saling mengancam atau bahkan menghancurkan.

Faktor penyebab terjadinya konflik sosial

Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya konflik. Faktor yang dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Perbedaan individu karena perasaan, sikap dan pendapat.

2. Adanya perselisihan kepentingan ekonomi, sosial, hukum atau politik.

3. Perubahan sosial dalam masyarakat dapat merubah nilai-nilai sosial individu sehingga menimbulkan perbedaan kedudukan dan mengikis nilai-nilai kerukunan dan hidup berdampingan dalam masyarakat.

Konflik yang timbul dalam masyarakat tentunya dapat berubah menjadi kekerasan jika konflik tersebut sudah pada tahap luka sehingga menimbulkan kerugian harta benda dan tubuh orang lain.

Dampak yang ditimbulkan akibat adanya konflik

Berikut adalah beberapa dampak berbeda yang dapat ditimbulkan oleh perselisihan:

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved