Breaking News:

Berita Sumut

Rusak, Wali Kota Siantar Minta Pemprov Sumut Segera Perbaiki Jalan Ade Irma Siantar Sebelum Natal

Wali Kota Pematangsiantar, dr Susanti Dewayani meminta Pemerintah Provinsi Sumatera Utara segera memperbaiki ruas Jalan Ade Irma Suryani yang rusak.

Penulis: Alija Magribi | Editor: mustaqim indra jaya
HO/Tribun Medan
UPT Jalan dan Jembatan Pematang Siantar Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Sumut menyurvei Jalan Ade Irma Suryani di Kota Siantar yang mengalami kerusakan, beberapa waktu lalu.  

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Wali Kota Pematangsiantar, dr Susanti Dewayani meminta Pemerintah Provinsi Sumatera Utara segera memperbaiki ruas Jalan Ade Irma Suryani, Kecamatan Siantar Utara, Kota Pematangsiantar.

Pasalnya jalan yang berada di inti kota dan merupakan penghubung menuju Pasar Parluasan tersebut kondisinya rusak parah.

Baca juga: Target Selesai Akhir Tahun, Tapi Proyek Rp 2,7 Triliun Jalan Sumut Baru 10,5 Persen

Plt Kadis Kominfo Siantar, Johannes Sihombing menjelaskan, Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar berharap warga agar bersabar menunggu perbaikan Jalan Ade Irma. 

Sebab, Pemprov Sumut juga telah menganggarkan dana perbaikan jalan tersebut, hanya saja tinggal menunggu pengerjaannya dari pihak rekanan.

"Jalan Ade Irma Pematagnsiantar memang merupakan jalan provinsi. Pemprov Sumut sudah menganggarkan dana untuk perbaikan jalan tersebut. Semoga warga bersabar, karena jalan tersebut memang akan diperbaiki tahun ini, sesuai informasi yang kita terima dari UPT Jalan dan Jembatan Pematang Siantar Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Sumut dan juga PT Waskita Karya," terang Johannes, Kamis (1/12/2022)

Perbaikan Jalan Ade Irma Suryani Pematangsiantar, ujar Johannes, memang merupakan bagian dari rencana perbaikan jalan di sembilan kabupaten/kota di Sumut sepanjang tahun 2022–2023.

Untuk Kota Pematangsiantar, ruas jalan yang masuk dalam program perbaikan dan pemeliharaan berkala sepanjang 5,64 kilometer.

Ada dua ruas jalan, yakni Jalan Ade Irma sepanjang 1,71 kilometer dan Jalan DI Panjaitan/Jalan Gereja hingga batas dengan Kabupaten Simalungun sepanjang 3,93 kilometer.

Johannes juga menerangkan, berdasarkan informasi yang ia peroleh dari Kepala UPT Jalan dan Jembatan Pematang Siantar Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sumut Syarifuddin ST dan Chief Operation Manager PT Waskita Karya Taufik, Rabu (30/11/2022) malam, bahwa perbaikan ruas jalan provinsi sepanjang 1,71 kilometer tersebut akan dikerjakan bulan Desember 2022.

Dan akan tuntas sebelum Hari Natal dan Tahun Baru.

Johannes juga menjelaskan bahwa pihak terkait akan memulai pengerjaan perbaikan Jalan Ade Irma akan dimulai di minggu kedua Desember 2022. 

"Untuk pengaspalan ruas jalan sepanjang 1,7 kilometer itu, bisa tuntas dalam tiga hari. Sehingga sebelum hari Natal, Jalan Ade Irma sudah clear dan rapi. Bahkan targetnya, bisa lebih cepat selesai," jelasnya.

"Untuk drainase akan sambil jalan dan di tahun ini belum terkejar. Apalagi, aliran drainase cukup liar. Perlu perbaikan lebih jauh agar jalan tidak mudah rusak lagi," tambahnya.

Pihak PT Waskita Karya juga akan berkoordinasi dengan pemerintah setempat, yakni camat dan lurah untuk pelaksanaan pekerjaan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved