Breaking News:

Berita Kesehatan

Daftar 5 Daerah di Sumut dengan Angka Stunting Tertinggi Tahun 2022

Stunting atau masalah kurang gizi kronis (kekerdilan fisik) masih menjadi persoalan serius di Sumatera Utara. Ini daftar 5 daerah tertinggi stunting

TRIBUN MEDAN/HO
Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Sumut, Hery Valona Ambarita, pada diskusi publik dengan Forum Wartawan Kesehatan (Forwakes) Sumut beberapa waktu lalu. 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Stunting atau masalah kurang gizi kronis (kekerdilan fisik) masih menjadi persoalan serius di Sumatera Utara.

Dinas Kesehatan Sumatera Utara (Dinkes Sumut) terus melakukan sosialisasi kepada seluruh kabupaten/kota terkait penggunaan aplikasi elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPGBM) dari Kemkes RI.

Melalui aplikasi ini, Dinkes Sumut hingga November 2022 telah melakukan pemeriksaan kesehatan kepada 899.866 balita atau 69 persen dari proyeksi 1.346.655 balita dan data riil dari kabupaten/kota 1.118.529 balita.

Baca juga: Dua Remaja Berboncengan Terluka Parah setelah Sepeda Motornya Tabrak Kotak Amal, Ini Kronologinya

Dari jumlah tersebut, didapati prevalensi (tingkat sebaran) stunting hanya 5,4 persen.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Sumut, Hery Valona Ambarita, usai diskusi publik dengan Forum Wartawan Kesehatan (Forwakes) Sumut, di Medan, Rabu (30/11/2022).

Menurutnya, aplikasi ini e-PPGBM cukup akurat dibandingkan survei.

"Aplikasi ini lebih akurat, data yang dikeluarkan sesuai dengan yang sudah dilakukan karena saat balita ditimbang langsung dimasukkan datanya, sementara itu kabupaten/kota beberapa tidak menerima data hasil survei bahkan mereka melakukan penimbangan ulang dan memang tak sesuai. Jadi apabila saya ditanya apakah benar angka prevalansi stunting Sumut 25,8 persen, saya tidak bisa menjawab," ujarnya.

Baca juga: Guru Olahraga Lecehkan 5 Siswa SMP di Medan, Korban Diancam dengan Nilai bila Tak Menurut

Berdasarkan data tersebut berikut 5 daerah dengan Stunting Tertinggi di tahun 2022.

Mandailing Natal berada di posisi paling dalam hal penanyangan stunting yakni dengan 47.7 persen, Padang lawas 42.0 persen, Pakpak Barat 40.8 persen, Nias Selatan 36.7 persen, dan Nias Utara 34.4 persen.

(cr26/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved