TribunMedan/
Home »

Cetak

Baca Selengkapnya di Harian Tribun Medan

Retno Marsudi Akan Pimpin KTT IORA Bersama Menlu Perempuan Australia dan Afrika Selatan

Tiga menteri luar negeri perempuan akan memimpin pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi Indian Ocean Rim Association (IORA) di Jakarta, hari ini

Retno Marsudi Akan Pimpin KTT IORA Bersama Menlu Perempuan Australia dan Afrika Selatan
Kompas.com / Dani Prabowo
Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop (kiri) dan Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi saat menyampaikan keterangan di Kantor Kemenlu, Jakarta, Minggu (5/3/2017). 

TRIBUN-MEDAN.COM - Tiga menteri luar negeri perempuan akan memimpin pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi Indian Ocean Rim Association (IORA) di Jakarta, hari ini

Ketiga menteri itu, yakni Menlu RI Retno LP Marsudi, Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop dan Menteri Hubungan dan Kerja Sama Internasional Afrika Selatan, Maite Nkoana-Mashabane.

Menurut Retno, dipilihnya tiga menteri luar negeri perempuan untuk memimpin KTT IORA, sebagai salah satu bentuk penguatan pemberdayaan perempuan.

Baca: BREAKING NEWS: Dilanda Hujan Deras, Medan Johor Terendam Banjir

Baca: Ini Foto-foto Banjir di Kawasan Medan Johor

Baca: Ahok Datang, Acara Maulid Nabi di Asrama Aceh Foba Bubar

Hal itu sejalan dengan isu Women Empowerment yang akan diangkat sebagai cross cutting issue dalam pelaksanaan konferensi, selain terkait Blue Economy.

"Sehingga, kami ingin menguatkan peran serta perempuan dalam konteks pelaksanaan KTT IORA. Dan, bersama Menteri Bishop, kami bertiga akan memimpin pelaksanaan KTT IORA tingkat menteri besok," kata Retno usai bertemu Bishop di Kantor Kemenlu, Jakarta, Minggu (5/3).

Sementara itu, Bishop mengaku, tak sabar untuk memimpin jalannya konferensi.

"Saya tak sabar untuk bekerja sama dengan dua menlu perempuan lainnya. Kami akan membahas kerja sama dalam hal kemaritiman, pertukaran teknologi, penanganan bencana, pendidikan, dan perikanan," ujarnya.

Baca: Ganti Rugi Proyek Jalan Tol Tak Jelas, Warga Waswas

Baca: Jadwal Pengerjaan Jalan Tol Trans Sumatera Meleset

Baca: Carroll Sembuh dari Cedera Bikin Conte Cemas

Baca: Pemasangan Konblok Berpori di Merdeka Walk Dinilai tak Efektif

Merujuk laman Kemenlu RI, KTT IORA secara resmi diselenggarakan pertama kali pada 6-7 Maret 1997. Ada 21 negara yang turut serta di dalam KTT tersebut.

Selain itu, IORA juga menggandeng 7 negara mitra dialog, yaitu Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Jerman, Mesir, Perancis dan Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

Terdapat juga dua organisasi peninjau di IORA, yaitu Indian Ocean Tourism Organization (IOTO) dan Indian Ocean Research Group (IORG).

BACA BERITA SELENGKAPNYA DI HALAMAN 1 EDISI CETAK HARIAN TRIBUN MEDAN, EDISI SENIN 6 MARET 2017

Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help