Panwaslu Dairi Menangkan Gugatan Tim Harum, KPU Akan Hitung Ulang Dukungan KTP

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Dairi menyatakan Pasangan Calon Independen Harungguan Sianturi-Umar Ujung berhak mengikuti

Panwaslu Dairi Menangkan Gugatan Tim Harum, KPU Akan Hitung Ulang Dukungan KTP
Tribun Medan/Tommy
Persidangan musyawarah sengketa pilkada Kabupaten Dairi di Aula Polres Dairi, Minggu (17/12/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Tommy Simatupang

TRIBUN-MEDAN.COM, SIDIKALANG - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Dairi menyatakan Pasangan Calon Independen Harungguan Sianturi-Umar Ujung berhak mengikuti penghitungan ulang.

Sidang keputusan musyawarah sengketa pilkada ini dilaksanakan di Aula Polres Dairi, Minggu (17/12/2017).

Komisioner Bidang Penindakan Pelanggaran dan Penanganan Pilkada Panwaslu, Pandapotan Rajaguguk mengatakan paslon Harungguan-Umar (atau yang dikenal dengan sebutan Harum) memiliki bukti kuat untuk mengikuti penghitungan ulang.

Pasalnya, bukti berupa dukungan e-KTP atau surat keterangan lebih dua ribu tersebut yang tak dihitung pihak KPU karena alasan tidak memiliki rangkap tiga tak sesuai peraturan KPU.

"Sesuai PKPU, berkas yang tak rangkap tiga itu harus dikembalikan sebelum menyerahkan berkas. Bukan diterima,"ujar Pandapotan, Minggu (17/12/2017).

Baca: Gara-gara Ayam Goreng, Dapur Rumah Agus Ludes Terbakar

Pandapotan juga mengatakan KPU hanya menghitung sisa e-KTP atau surat keterangan yang saat ini ditahan di Kantor Panwas. Pihak KPU juga diberikan waktu tiga hari untuk menghitung kembali dukungan tim Harum.

"Hanya yang dua ribu itu, yang kita tahan di Panwas. Bukan semua diulang atau ditambahkan,"ujarnya.

Kuasa Hukum Tim Harum, Musala Simangunsong mengapresiasi keputusan yang dilakukan oleh panwas selaku majelis persidangan. Musala mengatakan Panwaslu telah menjalankan fungsinya dengan peraturan yang ada.

Halaman
12
Penulis: Tommy Simatupang
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help