Home »

Sumut

Berdalih Hindari Calo, Pengadilan Negeri Medan Dipasangi Pintu Elektronik

Pintu elektronik yang terpasang tersebut hanya dapat diakses dengan memasukkan password atau menggunakan kartu magnetik

Berdalih Hindari Calo, Pengadilan Negeri Medan Dipasangi Pintu Elektronik
foto/ilustrasi/Elshinta.

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Mustaqim Indra Jaya

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Ada pemandangan berbeda di sejumlah sudut di Pengadilan Negeri (PN) Medan dalam beberapa hari terakhir. Kini, gedung tempat masyarakat mencari keadilan itu mulai banyak dipasangi pintu elektronik.

Pintu elektronik yang terpasang tersebut hanya dapat diakses dengan memasukkan password atau menggunakan kartu magnetik yang hanya dimiliki hakim, pegawai dan staf PN Medan.

Humas PN Medan, Jamaluddin yang dikonfirmasi mengaku pemasangan pintu elektronik tersebut bertujuan untuk  menghindari adanya permainan calo, termasuk kenyamanan para pengawai dan hakim dalam melaksanakan tugasnya.

Baca: Ungkap Penggelapan Mobil Mewah, Polda Sumut Buru Jaringan Nova Zein ke Sumbar

Baca: Kepergok Polisi, Pengedar Togel Gemetaran Gak Bisa Lari

"Kalau dulu siapa saja bisa masuk lalu lalang ke ruangan panitera atau kepegawaian maupun hakim. Sehingga menganggu kenyamanan dalam melaksanakan tugas," kata Jamaluddin, Jumat (23/2/2018).

Selain itu, menurutnya keberadaan pintu tersebut juga untuk menata gedung PN Medan. Masyarakat yang ingin melakukan pengurusan administrasi atau pengurusan lainnya, cukup melakukannya di ruang depab pengadilan.

"Jadi kalau ada orang yang berurusan dalam administrasi, bisa mengurusnya di ruang serambi depan pintu masuk pengadilan," sebutnya.

Ditanya besaran anggaran yang dikeluarkan untuk pengadaan pintu itu, Jamaluddin kurang mengetahui. Namun ia memastikan dananya berasal dari APBN 2018.

"Itu dananya dari Dipa yang keluar pada bulan 12 lalu. Tapi jumlahnya saya tidak mengetahuinya," ungkap Jamaludin.

Terpasangnya pintu elektronik itu, tak jarang membuat masyarakat yang kebetulan berkunjung ke PN Medan untuk tujuan tertentu, mengaku kebingungan.

Adapun pintu elektronik terpasang di belakang ruang sidang utama tempat sejumlah ruang panitera berada. Begitu juga dengan gedung eks Pengadilan Tinggi (PT) juga telah dipasangi pintu elektronik.

Gedung tersebut saat ini telah menjadi ruangan sejumlah hakim yang bertugas di PN Medan. Dahulunya melalui gedung eks PT itu oleh masyarakat yang berkunjung, dipakai sebagai jalan alternatif menuju ke Musholla yang berada di samping kiri gedung PN Medan.(cr8/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help