Tak Ada Guguran Lava Pijar, Warga Kaget Muncul Titik Api di Sinabung

Tadinya kita melihat asap, kemungkinan debu dari gunung, terus mulai gelap kira-kira pukul 18.30 WIB kok malah nampak api.

Tak Ada Guguran Lava Pijar, Warga Kaget Muncul Titik Api di Sinabung
TRIBUN MEDAN/M NASRUL
Titik api yang terlihat di Gunung Sinabung, diabadikan dari penetapan Tiga Pancur, Kecamatan Simpang Empat, Selasa (5/3/2019) malam. 

TRIBUN-MEDAN.com, SIMPANGEMPAT -  Situasi Gunung Sinabung Selasa (5/3/2019) malam, kembali menjadi perhatian. Pasalnya, pada badan gunung yang masih dalam status awas level IV itu tiba-tiba muncul titik api.

Menurut seorang warga Desa Tiga Pancur Sarianto Sembiring, mengungkapkan awalnya dirinya melihat kepulan asap yang cukup tebal di sekitar badan gunung.

Peristiwa itu dilihatnya sekira pukul 16.00 WIB. Dirinya menyebutkan, api terlihat pada sisi selatan hingga Barat Daya gunung dengan panjang sekitar dua kilometer.

"Tadinya kita melihat asap, kemungkinan debu dari gunung, terus mulai gelap kira-kira pukul 18.30 WIB kok malah nampak api, lumayan panjang juga apinya," ujar Sarianto, saat ditemui di penetapan Tiga Pancur.

Peristiwa itupun sontak membuatnya terkaget, pasalnya sejak tahun 2009 dirinya menetap di desa tersebut, baru kali ini tampak api selain bersumber dari guguran lava pijar.

"Mungkin ada sekitar empat atau lima bulan lalu nampak api juga, tapi itu karena ada guguran memang. Soalnya kelihatannya dari ada tanah yang longsor, karena terkikis juga nampak seperti seperti besi terbakar, tapi ini nampak apinya berkobar," ucapnya.

Pria yang akrab disapa Anto itu memperkirakan, titik api berada di kawasan perladangan yang terletak tepat di atas Desa Guru Kinayan.

Jika dilihat dari cuaca yang beberapa hari ini memang cukup panas, dirinya menduga awal api karena pengaruh cuaca. Terlebih, di sekitar api masih terdapat hutan yang dapat menyebabkan api semakin menjalar.

"Tapi kalau cari cuaca kayanya enggak terlalu pengaruh, mungkin saja ada faktor lain," ungkapnya.

Amatan www.tribun-medan.com, hingga pukul 22.00 WIB titik api masih tampak jelas. Namun, dikarenakan di sekitar kawasan gunung terdapat kabut yang luas, maka api hanya sesekali terlihat. Hingga berita ini diturunkan, masih belum didapat konfirmasi resmi resmi dari pihak Pos Pengamatan Gunung Sinabung.

(cr4/tribun-medan.com) 

Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved