Memilah Fakta dan Mitos Kematian saat Ramadan, Begini Penjelasan Ustazah Adilla

Adilla mengatakan meninggal dalam kondisi sedang beramal soleh, termasuk husnul khotimah.

Memilah Fakta dan Mitos Kematian saat Ramadan, Begini Penjelasan Ustazah Adilla
TRIBUN MEDAN/HO
Ustadzah Adilla Putri Hafzi. Ardilla selain memenangkan beberapa kompetisi, seharinya sibuk berdakwah di dalam dan luar kota, serta mengajar. 

TRIBUN-MEDAN.com - Kematian seorang manusia di bulan suci Ramadan, menjadi perbincangan hangat belakangan ini.

Banyak mitos-mitos yang berkembang, apa bila seseorang meninggal di bulan ramadan ia akan Husnul Khatimah, ada juga yang berpendapat bahwa jika seorang muslim meninggal di bulan Ramadan maka ia akan terhindar dari siksa kubur.

Cindy F Lestari (28 tahun) seorang pekerja di Medan mengatakan sepengetahuannya, seorang muslim akan terhindar dari siksa kubur saat meninggal dibulan Ramadhan.

"Sepengetahuanku ya begitu, itu aku dapat dari membaca beberapa artikel, namun sebagian besar artikel menuliskan kalau yang bebas dari siksa kubur itu ya orang yang meninggal dalam keadaan berpuasa di bulan Ramadhan," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa sebagian besar informasi yang ia ketahui, berasal dari lingkungan sekitar tempat ia berdomisili.

"Kalau sekedar mendengar cerita ya memang banyak yang membenarkan, namun saya pribadi belum mengetahui ada atau nggak hadis yang shahi," katanya.

Ustadzah Adilla Putri Hafzi menjelaskan, Ramadan adalah bulan yang spesial, karena banyak keberkahan didalamnya, di antaranya bulan turunnya Al-Quran, Bulan penuh ampunan dan bulan yg didalamnya ada Lailatul Qadar yaitu malam yg lebih baik dari seribu bulan.

Adilla mengatakan meninggal dalam kondisi sedang beramal soleh, termasuk husnul khotimah. Termasuk salah satunya meninggal ketika sedang menjalankan ibadah puasa.

Lebih lanjut ia menjelaskan dari Hudzaifah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullahi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan tentang orang yang meninggal dalam kondisi beramal.

"Artinya, dan siapa yang berpuasa dengan ikhlas mengharap wajah Allah, dan dia akhiri hidupnya dengan puasa ini, maka dia masuk surga," tuturnya.

Halaman
123
Penulis: Gita Nadia Putri br Tarigan
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved