Menilik Panorama Memukau Danau Sicike-cike, Danau Sakral asal Tujuh Marga Suku Pakpak

Objek wisata ini merupakan kawasan hutan lindung berisi beragam flora dan fauna liar, serta mencakup tiga danau dan satu air terjun.

Menilik Panorama Memukau Danau Sicike-cike, Danau Sakral asal Tujuh Marga Suku Pakpak
TRIBUN MEDAN/DOHU LASE
Tiga pengunjung bercengkerama di tepi Danau Sicike-cike di Taman Wisata Alam Sicike, Desa Lae Hole, Kecamatan Parbuluan, Kabupaten Dairi, Minggu (23/6/2019). 

TRIBUN-MEDAN.COM, DAIRI - Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara, memiliki sederet destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam. Salah satunya yang sayang bila dilewatkan ialah Taman Wisata Alam Sicike-cike.

Objek wisata ini merupakan kawasan hutan lindung berisi beragam flora dan fauna liar, serta mencakup tiga danau dan satu air terjun. Sangat cocok terutama bagi kalangan pencinta alam.

Sicike-cike berada di Desa Lae Hole, Kecamatan Parbuluan, Kabupaten Dairi. Sebagian arealnya juga masuk wilayah Kecamatan Sitinjo, Dairi, dan Kecamatan Kerajaan, Kabupaten Pakpak Bharat.

Untuk mencapai lokasi ini, dari Medan, wisatawan harus menempuh perjalanan sekitar tiga hingga empat jam lamanya ke arah Sidikalang, ibukota Kabupaten Dairi.

Kemudian, sesampai di Simpang Tiga Sitinjo (sebelum Sidikalang), belok kiri ke jalan menuju Doloksanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan.

Dari Simpang Tiga Sitinjo, jarak ke gapura masuk Taman Wisata Alam Sicike-cike kurang lebih 12 kilometer lagi. Dari sini, wisatawan akan dipandu oleh plang-plang penunjuk arah yang berdiri pada setiap persimpangan.

Bila masih ragu, tinggal buka aplikasi Google Maps dan lokasi Sicike-cike tersedia di sana.

Sekitar satu kilometer dari gapura masuk, terdapat pos registrasi yang dikelola Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam (BBKSDA) dan areal parkir kendaraan. Dari sini, penjelajahan dengan berjalan kaki dimulai.

Saat Tribun Medan mengunjungi tempat ini, Minggu (23/6/2019) sore, pos registrasi terpantau kosong.

Namun, palang portal terbuka, sehingga pengunjung dapat masuk tanpa perlu melapor dan gratis.

Halaman
1234
Penulis: Dohu Lase
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved