TRIBUN WIKI

5 Fakta Soal Songket Batubara, Warisan Budaya Sumut yang Harus Terus Dilestarikan

Songket Melayu Batubara adalah salah satu warisan budaya Sumatera Utara yang bahkan sampai dengan saat ini

5 Fakta Soal Songket Batubara, Warisan Budaya Sumut yang Harus Terus Dilestarikan
TRIBUN MEDAN/ALIJA MAGRIBI
Berbagai aktivitas masyarakat pengrajin tenun Songket Melayu Batubara yang ada di Kampung Panjang, Kecamatan Talawi, Kabupaten Batubara, yang dikenal sebagai sentra Songket Batubara. 

TRIBUN-MEDAN.com - Songket Melayu Batubara adalah salah satu warisan budaya Sumatera Utara yang bahkan sampai dengan saat ini, masih lestari dikreasikan.

Masyarakat Kabupaten Batubara sadar betul dengan warisan turun temurun sebagai identitas bangsa Melayu yang perlu dipertanggungjawabkan ke depannya.

Di Kabupaten Batubara sendiri ada salah satu kampung yang digagas menjadi sentra Songket Melayu Batubara, yakni Kampung Panjang, Kecamatan Talawi.

Lebih dari 300 pengrajin Songket Batubara dapat ditemui di sana dengan berbagai varian corak dan kualitas tenunnya.

Tribun Medan pun berkesempatan mewawancarai Muhammad Rudi, salah satu pengusaha Songket Melayu Batubara yang ditemui, Selasa (8/10/2019).

1. Usaha Turun Temurun

Ia mengatakan aktif menjalankan bisnis produk lokal tersebut sebab punya tanggung jawab budaya di samping memperhatikan aspek keuntungan semata.

"Jadi Songket Melayu Batubara ini, sudah turun temurun dari orangtua perempuan saya (ibu) dan kini berlanjut ke saya. Jadi Songket seperti punya cerita panjang dalam nadi keluarga saya, sehingga rasanya patut diteruskan," ujar Rudi.

Ia memperkirakan, sampai sebelum kakek-neneknya, orang-orang Batubara dahulu (Prapemekaran Asahan) sudah menenun songkat. Bahkan, atas dasar itulah disinyalir penamaan Kabupaten Batubara selain dari kawasannya, adalah lantaran kreasi songketnya.

Halaman
1234
Penulis: Alija Magribi
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved