Warga Terpaksa Melintasi Ladang Sawit, Jembatan di Desa Marumbun Ambles

"Sudah beberapa bulan berlalu, jembatan utamanya pun enggak selesai juga. Padahal waktu itu sudah datang juga Gubernur Sumut ke sini," kata Sumiati.

Warga Terpaksa Melintasi Ladang Sawit, Jembatan di Desa Marumbun Ambles
Tribun Medan/Tomy SImatupang
Jalan penghubung Kota Pematangsiantar-Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun putus total, Kamis (17/10). Pasalnya, jembatan bailey yang ada di Desa Marumbun Jaya, Kabupaten Simalungun ambles. 

SIMALUNGUN,TRIBUN-Akses penghubung Kota Pematangsiantar-Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun putus total. Pasalnya, jembatan bailey yang ada di Desa Marumbun Jaya, Kabupaten Simalungun ambles.

Dinding tebing yang selama ini menjadi penyangga longsor karena terkikir air.

"Bukan sekali aja ini kejadian. Sudah beberapa kali jalan penghubung di sini putus," kata Sumiati, seorang warga yang melintas, Kamis (17/10).

Wanita paruh baya ini bilang, pada April 2019 lalu sempat terjadi kejadian serupa. Kemudian, dibangunlah jembatan pengganti.

"Sudah beberapa bulan berlalu, jembatan utamanya pun enggak selesai juga. Padahal waktu itu sudah datang juga Gubernur Sumut ke sini," katanya.

Lantaran tak bisa lewat dari jembatan, warga pun terpaksa melintas dari perladangan sawit yang ada di sekitar lokasi.

"Rawan kali memang di sini. Kalau hujan deras, takut juga kami ambruk," ungkap warga. Sejumlah masyarakat yang ada di lokasi juga menyampaikan komentar serupa.

Kata masyarakat, pemerintah terkesan tidak serius memperbaiki jembatan utama yang roboh beberapa bulan silam.

"Saat kejadian April 2019 lalu, sudah sempat dipasangi pinggir aliran air ini pakai bronjong. Mungkin karena enggak kuat, makanya gampang hancur sewaktu tersapu air," terang warga.

Mereka pun berharap pemerintah segera memperbaiki jalan ini. Sebab, Desa Marumbun Jaya adalah akses utama penghubung antara Kota Pematangsiantar dengan Tanah Jawa. Jika akses jalan ini tidak diperbaiki, tentu masyarakat harus memutar jauh untuk ke lokasi tujuan.

Halaman
123
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved